Pemerintah Kabupaten (Pemda) Pulau Morotai memfasilitasi pawai obor keliling, Jumat malam untuk menyambut dan memeriahkan hari raya Idul Fitri 1444-H/2023-M. -->

Pemerintah Kabupaten (Pemda) Pulau Morotai memfasilitasi pawai obor keliling, Jumat malam untuk menyambut dan memeriahkan hari raya Idul Fitri 1444-H/2023-M.

21 Apr 2023, April 21, 2023
Pasang iklan

Aspirasijabar | Morotai - Pemerintah Kabupaten (Pemda) Pulau Morotai memfasilitasi pawai obor keliling, Jumat (21/4/2023) malam untuk menyambut dan memeriahkan
hari raya Idul Fitri 1444-H/2023-M.

Hadir dalam kegiatan ini, Pj Bupati Pulau Morotai, Muhammad Umar Ali, Kapolres Pulau Morotai, AKBP Agung Reza Pratidina, Danlanal Morotai, Letkol Laut ( P) Mukawat Kamarudin, Danlanud Lwm, Kolonel Pnb. Tubagus Hasan Abdulrahman, Dandim 1514/Morotai, Letkol Infantri, Harianto Hendrik, Kajari Kepulauan Morotai, Sobeng Suradal, para Pimpinan Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemda Morotai dan ratusan warga dan siswa SD, SMP, SMA-Sedarajat.

Pj Bupati, Muhammad Umar Ali yang hadir dalam kegiatan yang dipusatkan dihalaman patung Ir. Soekarno. Membakaran obor secara simbolis sebagai tanda dimulainya pawai keliling.

"Alhamdulillah, kita semua telah berkumpul di sini untuk mengadakan pawai obor dalam gema takbir menyambut idul fitri 1444 Hijriah/ tahun 2023 Masehi,"ucapnya.

Menurutnya, kegiatan ini adalah tradisi yang akan terus melekat pada kultur masyarakat. Dimana yang hadir di sini terus menjaga dan melestarikannya.

"Kita juga perlu memboboti pawai obor ini dengan semangat untuk mengagungkan nama Allah SWT dalam setiap langkah dan hembusan nafas dengan mengucap takbir tanda kemenangan,"imbuhnya.

Kata dia, jadikan nyala obor ini sebagai simbol dari bentuk semangat untuk menjadi penerang jiwa, dan sebagai ungkapan sukur serta pujian terhadap kebesaran Allah di hari fitrah.

"Didepan mata kita adalah hari raya yang agung, hari di mana kita telah bersusah payah melewati puasa sebulan lamanya,"timpalnya.

Lewat kesempatan ini, digunakan sebagai malam terakhir ini sebagai perenungan agar tetap istiqamah di hari-hari berikutnya.

"Kami juga berharap agar segala perselisihan terkait penetapan 1 syawal, bukan menjadi persoalan. Namun menjadi penambah khasanah islamiah di indonesia yang kaya dan majemuk. Sebab kita semua adalah umat yang dipersatukan dengan kalimat tauhid,"tuturnya.

"Dengan mengucapkan bismillaahirrahmaannirrahim, pawai obor dalam rangka memeriahkan dan menyambut hari raya Iedul Fitri 1444 hijriah kami lepas dengan resmi,"tutupnya.(oje)

TerPopuler