Kepala Desa Cipicung Uban Setiawan, Realisasikan Dana Desa 2023 Tahap Pertama -->

Kepala Desa Cipicung Uban Setiawan, Realisasikan Dana Desa 2023 Tahap Pertama

11 Mei 2023, Mei 11, 2023
Pasang iklan

Garut - Pemerintah Desa Cipicung selesai realisasikan dan desa 2023, untuk BLT dana desa yang tersebar di 10 Rw dan 34 Rt berjumlah 70 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah Desa Cipicung, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Rabu, 10 Mei 2023.

Menurut Kepala Desa Cipicung Uban Setiawan realisasi BLT dana desa, telah disalurkan sejak tanggal (14/04/2023) terhadap 70 KPM, yang dilaksanakan secara door to door di setiap RW, yang didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Cipicung, ungkapnya.

"Bantun Langsung Tunai (BLT) tersebut untuk Bulan Januari Pebruari dan Maret 2023, untuk tahap satu, setiap KPM menerima Rp. 900.000 untuk 3 Bulan sekaligus, tidak ada pemotongan apapun sesuai juknis yang telah ditetapkan" ujarnya.

Lanjut Uban, saya berharap bagi para penerima BLT, dana tersebut
tolong dipergunakan sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan, dan juga untuk menopang modal usaha bagi masyarakat ekonomi ekstrim bila selaku pedagang kecil.

Adapun mengenai pembangunan Infrastruktur dari dana desa non BLT, pembangunan tersebar di 9 Rw, baik itu pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT), saluran pembuangan air limbah, jalan lingkungan, dan pembangunan posyandu.

Terkait anggaran pembangunan di tiap Rw rata-rata mendapatkan Rp.10,000,000 (sepuluh juta rupiah), dari hasil kesepakatan BPD di Musrenbangdes 2022, yang direalisasikan tahun 2023 ini, sementara untuk tahun 2024, pembangunan akan dilaksanakan perdusun sesuai sekala prioritas.

Mesti diketahui bersama, saya sampaikan kepada semua masyarakat desa cipicung, bahwa bantuan pemerintah itu hanya setimulan (bantuan perangsang), maka dari itu diharapkan ada Swadaya Masyarakat, harapnya.

Saya ucapkan terima kasih untuk semua ketua Rw yang menjadi ketua pelaksana pembangunan, dan juga masyarakat yang telah ikut membangun desa secara bertahap, dengan cara bergotong royong, dan lebih mengutamakan kuwalitas, karena untuk lingkungan sendiri, tandasnya.

"Pembangunan saluran pembuangan air limbah (sepal) yang telah selesai diantaranya di Rw 07 kampung ranca kujang yang di rencanakan 18 Meter, biasa menjadi 80 Meter, Alhamdulillah dilaksanakan secara gotong royong, sehingga bisa menjadi contoh untuk semua ketua Rw," tutupnya.

Ditempat yang sama Kesra Desa Cipicung, dan juga sebagai TPK Nisa Nursakinah menuturkan, kaitan pembangunan dari 9 Rw tersebut ada yang telah selesai, dan ada juga dalam tahap persiapan, karena dalam setiap pembangunan itu selalu ada kendala dalam ijin tanah warga, yang dipergunakan untuk kepentingan umum, ucapnya.

Maka dari itu kami sebagai Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Cipicung agar pembangunan cepat selesai diharapkan peran semua pihak ikut berpartisipasi. Pungkasnya 


Jurnalis : (Beni)

TerPopuler