Kodim Rembang Tanam 5000 Bibit Mangrove Di Pesisir Pantai Swalan Pasar Banggi -->

Kodim Rembang Tanam 5000 Bibit Mangrove Di Pesisir Pantai Swalan Pasar Banggi

16 Mei 2023, Mei 16, 2023
Pasang iklan
                    


Aspirasijabar .Rembang,-Puncak penanaman mangrove nasional serentak jajaran TNI di seluruh Indonesia oleh Presiden Republik Indonesia yang bertajuk "Mangrove Better Life" berlangsung hari senin sore 15 Mei 2023.Kegiatan penanaman mangrove di wilayah kabupaten Rembang dipusatkan di pantai Pulo Swalan  desa Pasar Banggi kecamatan Rembang kabupaten Rembang sebanyak 5000 bibit tanaman mangrove ditanam di lahan seluas 7000 meter persegi oleh personel gabungan TNI-Polri, Pemda, pelajar, relawan serta komponen masyarakat.


Dalam kegiatan penanaman mangrove juga dilaksanakan video conference bersama Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E. M.M.

Dalam sambutan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo melalui video conference mengatakan rehabilitasi mangrove dilakukan untuk memulihkan, melestarikan kawasan hutan mangrove. Selain itu, rehabilitasi mangrove juga untuk mengantisipasi dan memitigasi dampak perubahan iklim

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menjelaskan penanaman mangrove ini diharapkan dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir dan memperbaiki habitat di pantai. Hal tersebut juga diharapkan dapat berdampak pada peningkatan produksi ikan, dan hasil laut lainnya, terutama di sini kepiting. Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di pesisir pantai.

Selanjutnya, Presiden Jokowi menegaskan akan terus melakukan rehabilitasi mangrove melalui KLHK dan BRGM. Untuk mempercepat pencapaian target tersebut, Presiden memberi petunjuk lapangan kepada Menteri LHK, Kepala BRGM dan Dirjen PDASRH.

Dandim 0720/Rembang Letkol Czi Parlindungan Simanjuntak, S.Sos.M.Si berharap tanaman mangrove yang ditanam dapat tumbuh dengan baik sehingga dapat mencegah abrasi. Sedangkan dalam perawatannya akan bekerjasama dengan masyarakat setempat."Hari ini sebanyak 1000 bibit mangrove kita tanam di pantai Pulo Swalan desa Pasar Banggi kecamatan Rembang bersamaan dengan penanaman serentak bersama bapak Presiden Republik Indonesia serta jajaran TNI di seluruh Indonesia,"ujar Dandim.

Dandim menyampaikan bahwa kegiatan tanam mangrove tersebut merupakan program tahunan yang terus dilaksanakan."kedepan, rencana kami akan menanam pohon mangrove di pantai lainnya yang ada dipesisir kabupaten Rembang apalagi untuk Rembang ini sepanjang sekitar kurang lebih 55 KM adalah pantai,"tandasnya.

Pewarta Jumadi Kabiro jateng.

TerPopuler