Gus Muhdlor & Ning Sasha Peringati HAN 2023,Siapkan Generasi Emas Tahun 2046 -->

Gus Muhdlor & Ning Sasha Peringati HAN 2023,Siapkan Generasi Emas Tahun 2046

29 Sep 2023, September 29, 2023
Pasang iklan

Aspirasijabar || Sidoarjo - Jumat,29 September 2023 Sebanyak 10.500 siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan 2.500 guru dan pendamping dari 1.636 satuan pendidikan di Kabupaten Sidoarjo memeriahkan Hari Anak Nasional (HAN) ke 39 Tahun 2023 di Pasmar 2 Korps Marinir, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo, Jumat (29/09/2023).

Peringatan HAN ini dihadiri langsung Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali dan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Sidoarjo, Ny Sa'adah Ahmad Muhdlor serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Pemkab Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali berpesan kepada seluruh pendidik di Kabupaten Sidoarjo agar mendidik anak sesuai dengan dunianya serta menyiapkan menuju generasi emas di Tahun 2045 mendatang.

"Saya titip kepada Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI), Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependudukan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) dan Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) agar mendidik anak sesuai dengan dunianya. Kenali potensi peserta didik dan siapkan untuk visi Indonesia Emas Tahun 2045 mendatang," ujar Bupati muda yang akrab disapa Gus Muhdlor ini.

Selain itu, menjabarkan beberapa pokok penting menuju generasi emas. Diantaranya pertama memiliki kecerdasan yang komprehensif yaitu produktif dan inovatif, kedua memiliki karakter yang kuat dan ketiga beradab unggul dan memiliki akhlak yang baik.

"Saat ini kita (pemerintah, guru dan orang tua) wajib menyiapkan generasi emas di Tahun 2045 mulai hari ini. Agar sesuai dengan yang diharapkan," pinta Bupati alumni Fisip Unair Surabaya ini.

Gus Muhdlor menguraikan pentingnya menciptakan transisi Taman Kanak-kanak (TK) kek Sekolah Dasar (SD) agar dibuat menyenangkan sesuai arahan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenristekdikti). Hal ini, dilakukan agar anak-anak tidak mengalami culture shock (perasaan tertekan dengan lingkungan dan budaya baru).

"Saya minta Dinas Pendidikan Pemkab Sidoarjo agar membuat surat edaran untuk transisi TK ke SD yang menyenangkan serta teguran kalau ada sekolah yang mewajibkan anak TK masuk ke SD diberi syarat harus bisa baca tulis berhitung (Calistung)," tegas Bupati alumni SMAN 4 Sidoarjo ini.



Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Sidoarjo, Dr Tirto Adi memberikan pesan yang berharga dalam peringatan HAN 2023. Yakni soal pentingnya peran serta pemerintah dan masyarakat dalam menumbuhkembangkan anak-anak serta pemenuhan perlindungan anak.

"Anak-anak adalah aset berharga bagi bangsa ini. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan pendidikan berkualitas, perlindungan dan cinta yang mereka butuhkan untuk tumbuh menjadi generasi yang tangguh dan berpotensi," kata Tirto Adi.

Tirto berharap, peringatan HAN Tahun 2023 di Sidoarjo tidak hanya menjadi ajang perayaan semata. Akan tetapi juga momentum untuk mengingatkan semua pihak akan pentingnya pendidikan dan perlindungan anak.

"Semangat kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat diharapkan akan terus tumbuh, membawa Sidoarjo menuju masa depan yang lebih cerah bersama generasi penerus yang tangguh," tandasnya.


Jurnalis" AHF

TerPopuler