193 Pengawas TPS Kecamatan Darangdan Dibekali Teknik Pengawasan Pemilu -->

193 Pengawas TPS Kecamatan Darangdan Dibekali Teknik Pengawasan Pemilu

10 Feb 2024, Februari 10, 2024
Pasang iklan


Aspirasi Jabar||Purwakarta-Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Darangdan Kabupaten Purwakarta Jawa Barat menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada 193 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dari 15-desa Se-Kecamatan Darangdan, yang bertempat di Balai Sawala Desa Linggamukti, pada Jum'at 9 Februari 2024.

Bimtek Teknis Pengawasan Pemilu, dengan tema
"Bersama Rakyat Awasi Penilu, Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu"

Kegiatan tersebut dihadiri anggota Bawaslu Kabupaten Purwakarta Wahyudin,SH Ketua Panwascam Kecamatan Darangdan Joko Sulistianto, bersama Kuswari Kordiv Penanganan   Pelanggaran dan Penyelsaian Sengketa, Memet Supriadi Kordiv P2HM, Kepala Sekretariat Panwascam Aan Muhammad Sahiq,
juga dihadiri Camat Darangdan Drs Al Idrus Nurhasan diwakili Kasi Trantib Mulyanto,S.Pd bersama Dedi Rukmana Stap Kasi Kesos, dan Badruyaman stap PMD.

Penjelasan Bawaslu Kabupaten Purwakarta Wahyudin,SH bahwa
-PTPS memegang peran krusial sebagai garda terdepan yang mengawasi pemilu, khususnya pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara (tungsura) sebagai inti dari pelaksanaan pemilu. 

-PTPS menjadi sentral pengawasan pemilu saat tungsura yang menjadi tempat bertanya dan tempat konsultasi, 
"Pemilu 2019 lalu, PTPS ini menjadi tempat bertanya, menjadi tempat konsultasi, bahkan diminta menjadi penentu pelaksanaan, PTPS harus mampu bekerja dengan baik untuk mencegah pelanggaran dan mengatasi persoalan.
"Tegasnya.

Kemudian penjelasan Ketua Panwascam Joko Sulistianto, bahwa Bimtek dilaksanakan untuk mematangkan pemahaman para PTPS dalam melaksanakan tugas Pengawasan TPS, kemudian tujuan dilaksanakannya Bimtek untuk membekali para PTPS dengan pengetahuan dan teknil-teknik untuk melaksanakan pengawasan.

"Kami menginginkan kawan-kawan PTPS saat melaksanakan pengawasan. 
Selain  juga hal teknis apa yang harus dipahami, sehingga pada saat proses Pungut dan Hitung tidak terjadi kendala,.
"Ucapnya.

Ia mengatakan kepada PTPS mohon bekerja dengan baik dan hati hati dalam  menyikapi persoalan.
"Pungkas Joko Sulistianto.

Penulis : Bah

TerPopuler