Perkuat Pemahaman Saksi, Bawaslu Morotai Gelar Bimtek -->

Perkuat Pemahaman Saksi, Bawaslu Morotai Gelar Bimtek

7 Feb 2024, Februari 07, 2024
Pasang iklan



Morotai, Maluku Utara - Bawaslu Pulau Morotai, Maluku Utara, melalui Panitia pengawasan kecamatan (Panwascam) Morotai Selatan, menggelar Bimtek pelatihan saksi parpol dalam rangka  memberikan pemahaman kepada para saksi peserta pemilu tahun 2024 di Uplund Caffe, Rabu, (7/2).

"Ini dalam rangka memberikan pemahaman kepada para saksi agar mereka bisa berperan dalam tugas sebagai saksi pada saat proses pelaksanaan pungut hitung dan tugas-tugas lain," kata Ketua Panwascam Morotai Selatan, Kubais Kuto kepada Nuansa Media Grup (NMG).

"Hal ini kami lakukan dalam rangka agar saksi-saksi khususnya Morotai Selatan di Dapil I (satu) Pulau Morotai memahami secara benar peran dan tugas saksi di saat di hari H," sambungnya.

Menurutnya, peran saksi parpol di saat pungut hitung dan pemeriksaan surat suara sangat penting karena, ia mengaku, pihaknya secara berjenjang tidak mampu berperan sendiri dalam proses pengawasan kepada seluruh peserta pemilu.

"Olehnya itu setiap dugaan pelanggaran yang akan terjadi, saksi parpol bisa menyampaikan keberatan maupun pengawas TPS bisa memuat form up pengawasan saat terjadi dugaan peristiwa pelanggaran yang terjadi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Pulau Morotai, Ramla Molle mengaku kegiatan penguatan pemahaman saksi peserta pemilu dilakukan secara serentak di 6 kecamatan selama dua hari.

"Jadi hari ini itu di Kecamatan Morotai Selatan, Morotai Selatan Barat dan Morotai Timur, sisanya nanti besok, dan itu dilakukan secara serentak," pungkasnya.(oje) 

TerPopuler