Sosialisasi kepemiluan penyandang distabilitas oleh Bawaslu Kabupaten Pulau Morotai -->

Sosialisasi kepemiluan penyandang distabilitas oleh Bawaslu Kabupaten Pulau Morotai

9 Feb 2024, Februari 09, 2024
Pasang iklan


Morotai,Maluku Utara-Pemahaman tentang kepemiluan semakin urgen bagi semua warga, tidak terkecuali para penyandang disabilitas. Untuk itu, Badan pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pulau Morotai melaksanakan Sosialisasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan kepada Siswa Rehabilitasi Sosial Bina Rungu Wicara (RSBRW), Siswa Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (RSBD), dan para di stabilitas bertempat di aula hotel perdana Kecamatan Morotai selatan jumat 9/2/2024, Pukul 14.55 WIT dan yang Hadir Dalam kegiatan
Anggota Bawaslu Koordinator Devisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (H2PH), Mulkan Hi. Sudin, S.Sos.
Kepala Sekolah Luar Biasa Negri Morotai, Nila Timbuleng.
Para staf pelaksana Bawaslu Kab. Pulau Morotai serta Para orang tua dan murid Sekolah Luar Biasa Negri Morotai dengan jumlah hadir -+ 50 Orang.


Dalam sambutan oleh Anggota Bawaslu Koordinator Devisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (H2PH), Mulkan Hi. Sudin, S.Sos sekaligus membuka acara


Tujuan dari kegiatan sosialisasi terkait dengan Pemilu penyandang disabilitas ini menurut Bawaslu sangat penting, karena dalam rangka untuk menyelamatkan hak pilih yang mana pertama menyelamatkan hak warga negara yang berkebutuhan khusus.

Kenapa kegiatan sosialisasi pemilih disabilitas ini pelaksanaan kegiatannya di akhir, karena menurut Bawaslu bahwa ini memang khusus untuk pemilih disabilitas. Khusus dalam hal memberikan sosialisasi sehingga waktunya juga jangan terlalu lama karena hari pemilihan suara waktunya sudah dekat. Agar supaya apa, agar yang menjadi penyampaian dalam kegiatan sosialisasi itu bisa diingat-ingat untuk tetap menyalurkan suaranya.

Kemudian hal lain juga disampaikan bagi pemilih yang mungkin berkebutuhan khusus yang tidak bisa memilih secara langsung maka sesuai dengan ketentuan pemilihan bisa diwakilkan pada pendamping sendiri. Untuk pemilih disabilitas yang tidak bisa datang ke TPS mungkin pelayanannya bisa di rumah oleh petugas KPPS. Nanti data-data disabilitas yang tidak sempat datang ke TPS bisa diinformasikan ke KPPS agar pelayanannya bisa datang ke rumah-rumah warga.

Semuanya datanya 312 laki perempuan disabilitas, 132 perempuan dan laki-laki 180 dan hari ini yang datang sosialisasi kurang lebih 50 orang.

Penyampaian materi oleh Kepala Sekolah Luar Biasa Negri Morotai, Nila Timbuleng terkait Penguatan Pemahaman Kepemiluan Kepada Disabilitas.

Di sela-sela kegiatan, Kepala Sekolah Luar Biasa Negri Morotai, Nila Timbuleng. S. Pd. M. Pd menitipkan pesan untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai agar kedepan bisa melakukan kegiatan seperti ini. Sehingga teman-teman disabilitas dapat berkarya dan dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan yang mereka miliki. pungkasnya.(oje)

TerPopuler