Wujudkan mimpi Desa Panaikang dalam menggapai kesejahteraan Pembangunan -->

Wujudkan mimpi Desa Panaikang dalam menggapai kesejahteraan Pembangunan

25 Mar 2024, Maret 25, 2024
Pasang iklan


Aspirasi Jabar||Gowa-Isak tangis histeris seorang warga Desa Panaikang Ibu Haris (46 th) yang mempunyai tiga orang  anak yang masih duduk di bangku  SD, SMP  SMA, dan bersuami seorang kuli buruh harian  yang belum tentu penghasilannya, menyambut kedatangan Tim Wasev dengan merangkul  penuh haru meluapkan kebahagiaan, karena yang selama ini menghuni RTLH ( rumah tidak layak huni ) kini bisa menempati rumah yang layak dan baik yang di bangun oleh program TMMD ke 119 Kodim 1409/Gowa.






Ibu Haris (46) kepada awak media  mengatakan," Kami sangat berterimakasih kepada Bapak TNI khususnya Satgas TMMD yang sudah  bangun rumah kami, inilah impian kami selama ini, Allhamdulillah bisa terwujud dengan adanya TMMD ini, hanya Allah SWT yang bisa membalasnya, terimakasih Bapak TNI, Bapak Bupati dan pejabat lainnya, akhirnya kami bisa menempati rumah impian kami supaya anak anak kami bisa nyaman  belajar malam hari, bisa nyaman istirahat dan bisa hidup bahagia seperti anak anak lainnya." Harapnya.




Desa Panaikang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu Desa yang terpilih untuk dilaksanakan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), karena memiliki keasrian dan kesuburan tanah yang luar biasa.

Desa Panaikang yang menghadapi keterbatasan infrastruktur, terutama jalan yang masih terabaikan dan sulit diakses serta tidak memadai.

Perjalanan menuju ke ladang untuk bercocok tanam maupun memanen hasil bumi sangat sulit karena jalan tanah  berlumpur dan bergelombang hingga membutuhkan waktu lama untuk menempuhnya dan susah payah berjibaku dengan kerusakan akses  jalan.

Impian dan harapan Masyarakat Desa Panaikang  mulai terwujud ketika Program TMMD Ke-119 Kodim 1409/Gowa hadir sebagai pembawa semangat dan kejayaan dengan  tujuannya adalah Membantu Pemerintah Daerah dalam percepatan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui Program-program TMMD, serta Mendukung terwujudnya kemanunggalan TNI-Rakyat guna mewujudkan pembangunan infrastruktur yang menghidupkan kembali Desa Panaikang dan sekitarnya guna  peningkatan ketahanan pangan dan pemerataan pembangunan infrastruktur serta  kesejahteraan.

Impian dan harapan Masyarakat Desa Panaikang kini telah terwujud dengan terbentangnya pembangunan dan  pengerasan jalan sepanjang 2000 Meter dengan lebar 8 Meter   harapan kesejahteraan akan tumbuh dan berkembang.

Kehidupan warga tidak lagi terjebak dalam kesulitan akses, tak perlu lagi mencari jalan lain sebab jalan yang di rintis sepanjang 2000 meter dan lebar 8 Meter tersebut  telah terwujud dibangun melalui Program TMMD.

Program TMMD ke 119 TA 2024 Kodim 1409/Gowa bukan hanya jalan yang mereka bangun, tetapi juga membangun, rohani, jiwa kebangsaan,  semangat gotong royong, kebersamaan.

Jalan ini adalah lebih dari sekadar jalur fisik tetapi mewujudkan impian masyarakat  sebagai  jalan menuju harapan yang lebih terang dan masa depan yang lebih cerah.

Saksi bisu dalam hamparan pasir dan batu, menyisakan   perjuangan bersama guna mewujudkan impian masyarakat melalui Program TMMD ke 119 TA. 2024 Kodim 1409/Gowa,  hal tersebut telah memberikan harapan yang lebih nyata, merangkul masyarakat Desa Panaikang dalam kehangatan penuh kebersamaan.

Wakil Bupati Gowa, H. Abdul Rauf Malaganni., S. Sos. M. Si. Mengatakan," Terima kasih kepada TNI atas kontribusinya melalui program TMMD untuk masyarakat Kabupaten Gowa TMMD adalah suatu program terpadu yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah dengan harapan peningkatan kesejahteraan masyarakat selain itu TMMD juga diharapkan dapat mempererat hubungan TNI dan rakyat.

Pemerintah Kabupaten Gowa terus mendukung pelaksanaan program TMMD tahun ini merupakan TMMD ke-4 yang dilaksanakan selama periode kepemimpinan kami TMMD ke-119 ini akan dilaksanakan di Desa Panaikang Kecamatan pattallassang kegiatan ini akan berlangsung mulai tanggal 20 Februari sampai tanggal 20 Maret 2024." 

Wakil Bupati Gowa berharap Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat semoga program ini tidak hanya berhenti di Desa Panaikang tetapi dapat terus diperluas sehingga desa-desa lain dapat merasakan manfaat dari program TMMD,  terima kasih kepada TNI atas dedikasinya dalam membantu pembangunan di Kabupaten Gowa terima kasih kepada semua yang telah berkontribusi pada suksesnya program ini." Pungkasnya.

Aisyah (42) seorang penampung hasil bumi di desa Panaikang ditemui awak media mengatakan," Kami sebagai penampung dan penjual hasil bumi dari desa Panaikang mengucapkan terimakasih kepada Bapak TNI dan Satgas TMMD yang membuka akses jalan untuk kami lewati,

Kami bisa mengangkut hasil panen dari kebun dengan melewati jalan baik dan lancar yang tadinya sangat sulit dan tidak bisa dilewati,

Kami sekarang bisa melewati jalan ini dan bisa juga mengurangi biaya yang dikeluarkan, akhirnya kami bisa dapat cepat  mengangkut hasil panen di kebun dan tidak rusak atau busuk karena akses jalan sudah baik.

Dulu sebelum ada TMMD mengangkut hasil panen susah akses dan lama akhirnya hasil panen banyak yang rusak dan busuk. 

Tetapi sekarang dengan adanya jalan ini bisa lancar, Terimakasih Bapak TNI," singkatnya.


Ketua Tim Wasev TMMD, Kolonel Inf Marten Pasunda, S.Sos., M.H saat dalam kunjungan meninjau seluruh pekerjaan fisik Satgas TMMD ke-119 TA.2024 Kodim 1409/Gowa mengatakan," Tentunya apa yang sudah dikerjakan oleh Satgas TMMD Ke – 119 Kodim 1409/ Gowa ini akan sangat bermanfaat kepada Masyarakat Kabupaten Gowa khusunya Masyarakat Desa panaikang seperti yang kita lihat pembukaan jalan yang akan mempermudah akses petani untuk mengeluarkan hasil pertanian ke pusat kota akan lebih mudah.

Pembangunan RTLH dimana sebelumnya rumah hampir roboh sekarang sudah layak huni dan Program Unggulan Bapak Kasad seperti Manunggal Air yang sudah bisa di rasakan manfaatnya,

Tentunya ini akan berdampak positif bagi TNI khusunya TNI AD termasuk pemerintah daerah itu sendiri bahwa memang kita terus berupaya untuk mengatasi kesulitan rakyat dan masyarakat sudah memberi dampak positif terhadap pekerjaan ini,” ujar Kolonel Inf Marten Pasunda.

Dansatgas TMMD ke 119 Kodim Gowa yang merupakan Dandim 1409/Gowa, Letkol Inf Muhamad Isnaeni Natsir, S.I.P,  mengatakan," Betapa menantangnya pengerjaan akses jalan Desa Panaikang,  berkat kolaborasi dan semangat gotong royong dalam program ini, kini akses jalan menjadi lebih baik, membantu masyarakat dan roda perekonomian Desa Panaikang menjadi lebih lancar dan juga membantu para petani membawa hasil pertanian mereka.

" Sasaran fisik TMMD ini telah membawa keberkahan dan kesejahteraan yang diharapkan oleh Masyarakat selama ini." Singkatnya.

Kepala Desa Panaikang, Ismail Ganari S.E, kepada awak media mengatakan," Atas nama Masyarakat Desa Panaikang  mengucapkan terima kasih kepada Kodim 1409/Gowa atas pelaksanaan Program TMMD ke-119. 

Kami  berharap seluruh masyarakat  dapat menikmati akses jalan yang lancar dan juga dapat  memuat dan mengirim hasil pertanian petani lebih lancar dan mendapat keuntungan yang lebih.

Kami akan menggunakan dan memelihara jalan  tersebut dengan baik bersama masyarakat." Pungkasnya.

Awak media menemui tiga  Kepala Dusun diantaranya Dusun Biring Romang, Kepala Dusun Balang Punia dan Kepala Dusun Saile serta Warga Desa Panaikang Fatimah (40 th) bahwasannya mereka mengatakan," Terimakasih kepada Satgas TMMD ke 119 Kodim 1409/Gowa, Forkopimda, Pemda, Camat, kepala Desa dan seluruh Masyarakat Desa  Panaikang yang sudah bahu membahu mewujudkan impian masyarakat Desa Panaikang.

Kami Masyarakat Desa Panaikang sekarang langsung maupun tidak langsung menikmati hasil dari kegiatan TMMD  ini, 

kami selalu mengikuti kegiatan TMMD ke 119 Kodim 1409/Gowa ini mulai dari penyuluhan 
Pangan dan Holtikultura, Penyuluhan Hukum, Penyuluhan Kesehatan.

Kami juga mengikuti  Program Unggulan Kasad diantaranya
Ketahanan pangan penanaman Jagung Seluas 2 hektar,
Rehab RTLH 1 Unit,
Penanaman pohon (Mahoni dan Jati putih) 300 bibit, Manunggal air bersih 1 Unit, Penurunan Stunting 50 Paket Sembako, Perbaikan Masjid Quba 1 Unit,
Perbaikan Sekolah Dasar Panaikang 1 Unit. Itu yang kami ikuti.

Kami sangat berterimakasih apalagi dengan terbukanya akses jalan untuk para petani yang berkebun sekarang sudah merasa nyaman dan kami merasa terbangun dari mimpi menjadi kenyataan." Tutupnya


Upacara penutupan  TMMD Ke-119 TA 2024 Kodim 1409/Gowa berlangsung di lapangan sepak bola Pemuda 1 Desa Panaikang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa, pada Rabu, 20 Maret 2024.

Dalam pidato yang disampaikan oleh Irdam XIV/Hasanuddin mewakili Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayor Jenderal TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P,  mengatakan," Upacara ini menandai berakhirnya program TMMD Ke-119 yang dilaksanakan secara serentak yang dimulai pada tanggal 20 Februari sampai dengan 20 Maret 2024 di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin diantaranya Kabupaten Pinrang, Gowa, Mamuju dan Buton. 

Kita ketahui bersama, TNI bersama berbagai komponen masyarakat, bahu membahu menyelesaikan sasaran TMMD Ke-119 baik fisik maupun non fisik, hal tersebut sejalan dengan tema kali ini yaitu   "Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Di Wilayah". 

Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya atas dedikasi dan kerja keras para prajurit TNI-Polri, aparat Pemda serta komponen masyarakat lainnya, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses, aman dan lancar.

Kami juga memohon maaf apabila selama pelaksanaan kegiatan, terdapat tutur kata maupun tingkah laku para prajurit Kodam XIV/Hasanuddin yang kurang berkenan.

Selanjutnya, kami berharap semangat kebersamaan dan Kemanunggalan TNI-Rakyat serta seluruh komponen masyarakat dapat dipertahankan.

Rawat hasil program TMMD Ke-119 sehingga manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang lama.

Akhirnya sebuah perjuangan dan kolaborasi yang luar biasa telah usai, tetapi semangat gotong royong untuk membangun negeri yang kita cintai akan tetap abadi. 

TMMD Ke-119 TA 2024 Kodim 1409/Gowa adalah bukti nyata bahwa ketika TNI - Polri dan seluruh komponen Masyarakat bersatu, tidak ada yang tidak mungkin, semua bisa kita lalui, bisa kita bangun dan bisa mewujudkannya." Pungkasnya.

(Red/boris)

TerPopuler