Momen Lebaran Menukar uang baru ,Masyarakat Keluhkan Sulitnya menukar uang -->

Momen Lebaran Menukar uang baru ,Masyarakat Keluhkan Sulitnya menukar uang

2 Apr 2024, April 02, 2024
Pasang iklan


Aspirasi Jabar || Hari Raya Idul Fitri 1445 H tinggal menghitung hari. Banyak kegiatan yang dilakukan dalam menyambut moment Lebaran, aktivitas menukar uang baru lah salah satunya.

Ya, di Indonesia sendiri, berbagi uang baru bak menjadi tradisi pelengkap untuk menghidupkan suasana hari raya dengan membahagiakan orang-orang di sekitar, khususnya kalangan anak-anak.

Namun pada Lebaran 2024, tak sedikit masyarakat yang mengeluhkan sulitnya menukar uang baru.

Bank Indonesia (Bl) sejatinya sudah menyediakan layanan penukaran uang baru melalui kas keliling yang harus daftar via website pintar.bi.go.id terlebih dahulu. Namun banyak masyakrat yang tidak kebagian kuota penukaran.

BI pun sudah menyiapkan solusi dalam hal kuota penukaran tidak tersedia atau telah habis. Masyarakat dapat lakukan penukaran di bank umum wilayah Jabodebek, yg akan dibuka pada tanggal 1-5 April 2024.

Nah, namun saat tiba waktunya hari Senin (1/4/2024), beberapa masyarakat mengunjungi bank yang terdaftar dalam Serambi 2024 sejak pagi. Akan tetapi di beberapa bank, di Jabodetabek menegaskan bahwa uang baru sudah habis.

“Kenapa pas saya langsung ke bank, sama satpam dan petugas bank bilangnya tidak ada. Padahal bank itu terdaftar di Serambi BI,’ ucap Yuli, warga Tangerang, kepada Infobandungkota.com, Senin (1/4/2024).

Sementara warga Jakarta Barat inisial D mengaku, dirinya juga sudah mampir di beberapa bank, namun nihil.

“Capek banget, mau ibadah bahagiain keponakan, tapi serasa dimainin bank,’ ujar D sambil bergurau.

Bahkan fenomena ini pun dikeluhkan warganet di media sosial X. Bahkan mereka rela mengantri sejak dini hari.

“Ngantri tuker uang baru dari jam 5 (subuh) kurang, eh kuotanya cuman 13 sedangkan gue nomor 14,” cuit
Editor : eka

TerPopuler