Sekda Kabupaten Pulau Morotai Suryani Antarani, membuka Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Pulau Morotai Tahun 2024 -->

Sekda Kabupaten Pulau Morotai Suryani Antarani, membuka Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Pulau Morotai Tahun 2024

18 Apr 2024, April 18, 2024
Pasang iklan

Aspirasi Jabar || Morotai, Maluku Utara-Penjabat Sekda Kabupaten Pulau Morotai Suryani Antarani, membuka Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Pulau Morotai Tahun 2024, bertempat di Aula Islamic Center Morotai. Kamis (18/04/2024).


Dalam laporannya, Kaban Kesbangpol Kabupaten Pulau Morotai Lauhin Girahe, menyampaikan bahwa seleksi ini diikuti oleh 124 pendaftar, namun yang dapat lolos administrasi sebanyak 87 orang. “Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk generasi muda yang berjiwa nasionalis dan berjiwa Pancasila, dan diharapkan mampu menjadi bagian dari generasi Indonesia Emas pada Tahun 2045 nanti. Seleksi ini akan memilih sebanyak 34 orang calon Paskibraka Kabupaten pulau Morotai dan 3 pasang Paskibraka perwakilan Kabupaten Pulau Morotai untuk ke Provinsi Maluku Utara,” jelasnya.


Sementara itu, dalam wawancara, Pj. Sekda Suryani Antarani menuturkan bahwa pada setiap upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus, ada satu moment penting pada pelaksanaan upacara yaitu pengibaran bendera pusaka oleh Paskibraka yang merupakan putra-puteri terbaik bangsa. “Sejak dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 Tentang Program Pasukan Pengibar Bendera, maka tugas Paskibraka ditambah penugasannya pada Upacara Hari Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni. Dulu Paskibraka dikenal hanya bertugas untuk menurunkan dan menaikkan bendera saja, tapi dengan lahirnya Perpres tadi, tugas Paskibraka menjadi lebih luas yaitu menjadi program kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila,” jelas Pj. Sekda.

Dalam kesempatan yang sama, Pj. Sekda  menegaskan bahwa proses Seleksi Paskibraka Tingkat Kabupaten bersifat transparan dan tadi saya mengukur ulang tinggi badan dan seleksi ini sudah terwakili enam kecamatan, serta dengan menggunakan aplikasi transparansi Paskibraka yang berbasis web. Menurutnya, proses ini merupakan inovasi dari BPIP untuk menghindari adanya praktik-praktik KKN. “Saya pastikan bahwa seleksi Paskibraka di Kebupaten pulau morotai ini bebas dari titipan siapapun, jadi berkompetisilah dengan sportif untuk menghasilkan putra-putri terbaik kabupaten Pulau morotai. Selamat berkompetensi, tetap semangat dan jaga kesehatan,” pungkas Pj. Sekda. Dan inilah 23 sekolah utusan di enam kecamatan se kabupaten Pulau morotai. 

SMA 1 Morotai
SMA 2 Morotai
SMA 5 Morotai
SMA MUHAMMADIYA  1
SMA MUHAMMADIYA 2
SMK KESEHATAN ALKHIRAT 
SMK PARIWISATA ASIMA
SMK AMBASADOR
MA NURUL HUDA GOTALAMO
SMK 1 SANGOWO
SMKN 2 BUHO BUHO
SMA MUH WEWEMO
MADRASYA ALIYAH SANGOWO
SMAN 4 Morotai
SMTK SILOAM TAWAKALI
SMKS MINA POLITA BERE BERE
SMK MARITIM 
MA PERBATASAN GORUA
SMK MOROTAI CERDAS
SMK KRISTEN GORUGO
SMAN 3 Morotai
SMK RAHMAT AKU RAHIM
SMA BAHARI
SMA POSI POSI RAO

(Oje) 

TerPopuler