DKM An Nahl Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Mengadakan Tasyakur Walimatul Safar Haji -->

DKM An Nahl Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Mengadakan Tasyakur Walimatul Safar Haji

13 Mei 2024, Mei 13, 2024
Pasang iklan


Aspirasi Jabar||Bandung-Keberangkatan jemaah haji 2024 gelombang pertama semakin dekat. Berkenaan dengan ini, ada kebiasaan atau tradisi di kalangan masyarakat muslim Indonesia yang bernama walimatussafar haji.
Tasyakur Walimatu Haji merupakan tradisi yang biasa dilakukan masyarakat di Indonesia sebelum berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji. Tradisi ini berupa acara tasyakuran yang dilakukan sebelum waktu keberangkatan haji.

Walimatussafar haji diadakan sebelum melakukan perjalanan haji yang dimaksudkan sebagai acara syukuran sekaligus momen berpamitan jemaah haji sebelum berangkat ke Tanah Suci Mekkah. Orang yang hendak menunaikan haji akan meminta dan memberi maaf dengan orang-orang terdekat.
DKM An Nahl Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Tasyakur Walimatul Safar Haji bagi calon jemaah Haji asal Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran yaitu  Ir.Hermawan.MS, Dr.Ir. Marina Sulistyawati,MS, Dr.agr.Ir.Asep Anang,M.Phill.,IPU dan Ir.Dicky Ramdani S.Pt.,Ph.D. pada senin (13/05/2024) bertempat di amplitheater gedung 4 Fapet Unpad.

Acara di mulai dengan Sambutan dari Ketua DKM An Nahl Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran Dr.Ir.Endang Sudjana,S.Pt.,MP.,IPM dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan calon jemaah Haji asal Fapet Unpad Ir.Hermawan.MS. kemudian di lanjutkan sambutan dari Dekan Fakultas Peternakan Dr.Ir.Rahmat Hidayat,S.Pt.,M.Si.,IPM.acara di tutup dengan ceramah dan doa oleh ustadz Dr. Johar Arifin, S.Pt., MP.
Dekan Fakultas Peternakan 

Dr.Ir.Rahmat Hidayat,S.Pt.,M.Si.,IPM. dalam sambutannya mengatakan Selamat kepada Tenaga Pendidik yang tahun ini berangkat melaksanakan ibadah Haji dan semoga menjadi Haji yang makbrur. Maksimalkan Ibadah di Tanah Suci baik ibadah yang wajib mapun yang sunat dan saya   berpesan kepada jemaah haji asal Fapet Unpad  agar menjaga kesehatan, menjaga persaudaraan, menjaga nama baik Fapet Unpad  dan mendoakan Fapet Unpad  selalu menjadi Fakultas  yang unggul dari segala bidang. Diharapkan para jemaah haji asal Fapet Unpad  dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan mabrur dan kembali ke Fapet Unpad untuk dapat  memberikan warna dan perubahan kepada Fapet Unpad, 

mudahan Tenaga Akademik maupun Tenaga Kependidikan dapat melaksanakan Ibadah Haji.
Calon Jemaah Haji asal Fapet Unpad Ir.Hermawan.MS mengatakan "Syukur alhamdulillah, Saya dan temen teman asal Fapet Unpad  bisa berangkat tahun ini serta saya sekeluarga meminta maaf kepada rekan rekan dan saya ucapkan terima kasih atas do’a dan dukungannya sehingga saya dapat melaksanakan ibadah Haji. 
Dalam Ceramahnya ustadz Dr. Johar Arifin, S.Pt., MP Sesungguhnya Haji adalah ibadah yang sangat agung, sangat mulia dan tidak semua orang muslim bisa melakukannya. Betapa banyak orang merindukan untuk melaksanakan ibadah haji namun mereka tidak diberi kesempatan olah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan betapa banyak orang yang mau haji, dia baru bisa melakukan ibadah haji setelah perjuangan yang luar biasa. Dikumpulkan uang begitu lama, setelah itu juga harus menanti sangat lama. Ada yang harus menanti belasan tahun, ada yang lebih dari pada itu.

Pertemuan antara Nabi Adam dan Siti Hawa itu penuh dengan pembelajaran yang bisa kita petik, Haji ini adalah ibadah yang rawan untuk seorang cari pujian. Nabi mengkhususkan penyebutan hal ini dalam ibadah haji. Karena ibadah ini rawan sekali untuk orang sombong dan angkuh, pamer kepada tetangga, pamer kepada kerabat, kepada kawan-kawan, dalam melaksanakan ibadah haji. Maka seorang berusaha mengikhlaskan niat. 

Dia beritahukan kepada saudaranya, kepada kerabatnya, tapi bukan dalam niat untuk sombong dan angkuh dan pamer dan riya’. Karena ini benar-benar akan menghapuskan ibadah haji. Ingat, tatkala sedang melaksanakan ibadah haji, jaga pandangan, jangan umbar pandangan, di sana banyak hal-hal yang mengundang kita untuk kita lihat. Terkadang kita melihat aurat wanita, terkadang kita melihat hal yang tidak dibenarkan dalam syariat, maka jaga pandangan kita. Kemudian jaga lisan kita. Jangan kita berhaji kemudian kita berghibah, kita menuduh, menyebarkan berita yang tidak benar. Maka ketika haji, fokus ibadah, jangan tersibukkan dengan hal-hal yang tidak bermanfaat apalagi sampai terjerumus dalam dosa-dosa lisan. Maka orang yang beribadah haji harus bersabar. Namanya haji dia pasti melewati hal-hal yang sulit. kesabaran ini akan semakin meninggikan derajatnya disisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karena kata Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, Pahala hajimu sesuai berdasarkan keletihanmu dan nafkahmu. Kemudian jaga lisan kita. Jangan kita berhaji kemudian kita berghibah, kita menuduh, menyebarkan berita yang tidak benar. Maka ketika haji, fokus ibadah, jangan tersibukkan dengan hal-hal yang tidak bermanfaat apalagi sampai terjerumus dalam dosa-dosa lisan.ujar Johan
Suasana haru menyelimuti ruangan saat membacakan doa dalam acara Tasyakur Walimatul Safar Haji  yang  dibacakan oleh Dr. Johar Arifin, S.Pt., MP  sebagai penutup acara. Doa ini memanjatkan harapan agar para jemaah haji asal Fapet Unpad  diberikan kesehatan, keselamatan, dan kelancaran dalam melaksanakan ibadah haji dan Pulang menjadi Haji yang Makbrur

.(ags)

TerPopuler