Memeriakan Hardiknas 2024 Dinas pendidikan kabupaten pulau morotai mengelar beberapa event. -->

Memeriakan Hardiknas 2024 Dinas pendidikan kabupaten pulau morotai mengelar beberapa event.

2 Mei 2024, Mei 02, 2024
Pasang iklan

Morotai,Maluku Utara-Setiap tahunnya, Peringatan Hari Pendidikan Nasional selalu diperingati tanggal 2 Mei. Penetapan Tanggal 2 Mei sebagai perayaan Hari Pendidikan Nasional disesuaikan pada hari kelahiran Ki Hajar Dewantara yang dijuluki sebagai Bapak Pendidikan Nasional.


Bertepatan dengan momentum tersebut, biasanya instansi Dinas pendidikan mengadakan berbagai kegiatan menarik untuk memperingati Hardiknas.

Sederet Kegiatan Peringatan Hardiknas 2024 di Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara

Lomba Mewarnai
Lomba mewarnai dapat ditujukan kepada anak-anak TK hingga SMP untuk memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional. Para guru dapat menyediakan pola gambar bertema pendidikan dan memberikan juara kepada karya terbaik.

Selain menyenangkan, kegiatan mewarnai untuk anak-anak dapat memberikan sejumlah manfaat diantaranya mengembangkan kemampuan motorik, meningkatkan konsentrasi dan melatih kreativitas.
.

Pawai Pendidikan
Bagi anak TK atau SD, hingga SMA sederajat kegiatan pawai pendidikan dapat menjadi perayaan Hardiknas yang menarik dan edukatif. Masing-masing kelas dapat dihimbau untuk memakai kostum bertema pendidikan seperti pakaian adat daerah, seragam berbagai profesi, baju toga hingga kostum pelajar masa pra kemerdekaan. Agar semakin meriah, guru dapat mempersiapkan atribut sesuai tema Hari Pendidikan Nasional.

Upacara Bendera
Peringatan Hari Pendidikan Nasional sudah tidak asing dengan pelaksanaan upacara bendera. Kegiatan upacara bendera biasa dilaksanakan oleh setiap jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Susunan upacara bendera tidak jauh berbeda dengan biasanya, hanya saja pembina upacara dapat membawakan pidato bertemakan pendidikan. Kemudian disusul dengan membawakan lagu untuk memperingati Hardiknas seperti Hymne Guru, Ki Hajar Dewantara, atau Terima Kasih Guruku yang bertujuan untuk membuat suasana upacara semakin khidmat.

Itulah sederet ide kegiatan yang dapat dilakukan untuk memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 di sekolah. Semoga bermanfaat!(oje)


TerPopuler