Header Ads

Diduga Kurang Maksimalnya Dinkes Dalam Pengawasan & Pembinaan , Pelayanan Puskesmas Rancaekek Masih Mengecewakan.



Puskesmas Rancaekek

Aspirasijabar.net-Kab.Bandung.
Ditengah- tengah masyarakat menghadapi pandemi Covid 19, tentunya pelayanan kesehatan sangat dibutuhkan, masyarakat khususnya warga Kec.Rancaekek.

Puskesmas yang merupakan unit kesehatan yang paling terdekat dengan masyarakat sudah barang tentu masyarakat sangat mengharapkan pelayanan yang prima .

Tetapi  hal  ini sangat berbeda apa yang diharapkan masyarakat Rancaekek , ternyata pelayanan Puskesmas Rancaekek , dirasakan warga  masih sangat mengecewakan.


Kang Olih, Tokoh Masyarakat Rancaekek

KELUHAN WARGA#

Seperti yang diungkapkan beberapa warga dan salah satu tokoh masyarakat , Kang olih saat ditemui Aspirasijabar.net mengungkapkan " Hari ini sebenarnya masyarakat berencana melakukan  demo besar-besaran ke Puskesmas Rancaekek, untuk menyampaikan aspirasi terkait masih dinilai  buruknya pelayanan pengobatan kepada warga, tetapi akhirnya demo dibatalkan karena sudah dimediasi ,2/5/2020.

Perlu diketahui mediasi dilakukan oleh salah satu  Anggota DPRD Kab.Bansung dari Fraksi Demokrat , Yayat Sudayat , Camat Rancaekek dan perwakilan salah satu Ormas. tapi sayang oleh Camat awak media dilarang meliput jalannya mediasi.

,"Buruknya pelayanan Puskesmas Rancaekek sebenarnya sudah lama dirasakan warga , seperti sering sekali ditolaknya warga untuk berobat dengan berbagai alasan, seolah- olah pihak Puskesmas ketakutan kalau pasein yang berobat membawa virus corona, " ungkap Olih.

," Ditolaknya warga untuk berobat kadang karena tidak ada dokter jaga bahkan kadang memerlukan mobil ambulance pun ga bisa dengan alasan tidak ada sopirnya, sampai warga yang akan membuat surat keterangan sehat pun ditolaknya,"  sambung Olih.


Anggota DPRD Kab.Bandung ,Yayat Sudayat bersama Warga

TANGGAPAN  ANGGOTA DEWAN#

Menanggapi keluhan warga, Yayat Sudayat, anggota DPRD Kab.Bandung , kepada awak media memberikan keterangan terkait hasil dari mediasi dan klarifikasi dengan Kepala Puskesmas ( dr.Dedy) .mengatakan," Saya sangat menyayangkan  dengan pelayanan Puskesmas ini yang masih kurang memuaskan dan mengecewakan warga, padahal satu sisi tarif pengobatan berikut fasilitasnya mengalami kenaikan antara 10 sd 15 %  harusnya juga pelayanannya lebih bagus .," sesal Yayat.

," Hal ini juga akibat kurang maksimalnya pihak Dinkes (Dinas Kesehatan) Kab.Bandung melakukan Fungsi pembinaan dan pengawasan terhadap pelayanan- pelayanan Puskesmas di tiap- tiap Kecamatan.," sambung Yayat

Lebih jauh , Yayat mengungkapkan ," Kepala Puskesmas (dr.Dedy) mengakui kinerjanya masih dibawah standar dan siap menerima konsekwensinya untuk dipindah tugaskan ," jelas Yayat.

KLARIFIKASI PIHAK PUSKESMAS#

Untuk menjawab keluhan warga dan hasil mediasi ,  awak media mencoba menemui ,dr Dedy Kepala Puskesmas tapi sayangnya seperti yang sudah- sudah tidak bersedia menemui awak media dan  hanya ditemui oleh salah satu staff pegawai Puskesmas , terkait keluhan warga dan hanya mengatakan ," Semua pelayanan sudah sesuai SOP," ujarnya pendek.

Sememtara itu, awak mediapun berusaha menghubungi Ka DinKes Kab.Bandung, dr Grace melalui pesan singkat WhatsApps, guna meminta tanggapan terkait masalah pelayanan Puskesmas Rancaekek, tapi sayang sampai berita ini diturunkan yang bersangkutan belum memberikan keterangan apapun.( Budi)

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.