Malam Ini, Masyarakat Indonesia Berpeluang Lihat Dua Fenomena Gerhana Bulan -->

Malam Ini, Masyarakat Indonesia Berpeluang Lihat Dua Fenomena Gerhana Bulan

5 Jun 2020, Juni 05, 2020
Pasang iklan




Aspirasijabar.net-BOGOR. Jika cuaca mendukung nanti malam, masyarakat Indonesia dapat melihat dua fenomena langit yang sangat indah.Kedua fenomena langit tersebut adalah strawberry full moon atau bulan purnama strawberry (GBS) dan gerhana bulan penumbra (GBP) yang akan terjadi pada Sabtu (6/6/2020) dini hari.

Dikutip dari kompas.com dan website resmi BMKG, Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Emanuel Sungging mengatakan, strawberry full moon adalah bulan purnama biasa yang terjadi pada bulan Juni. "Pada fenomena ini, Bulan akan terletak di belakang bumi bila dilihat dari matahari dan wajahnya akan sepenuhnya disinari cahaya matahari," Ujar Emanuel Sungging, Jum'at (5/6/2020)

Dia menambahkan, puncak fase ini terjadi pada pukul 02.12 WIB, pada jarak 369.005 kilometer dari pusat bumi. "Bulan purnama ini dapat disaksikan di seluruh wilayah di Indonesia, terutama dari arah Barat Daya," paparnya.

Emanuel menyebutkan, bulan purnama strawberry bukan berarti berwarna merah seperti buah strawberry pada umumnya. Sebab sebutan itu hanyalah istilah, yang dipakai sebagai isyarat bahwa bulan purnama pada bulan Juni adalah pertanda buah strawberry di suku Amerika sudah matang dan siap dipanen. "Iya tidak  hubungannya (penampakan warna merah dan strawberry full moon)." Jelas Emanuel.




Sementara gerhana bulan penumbra (GBP), sambungnya, terjadi ketika bulan melewati bayangan sebagian bumi atau penumbra. Menurutnya, selama gerhana ini, bulan akan sedikit lebih gelap dari biasanya. "Secara pengamatan, (penampakan bulan) tidak segelap gerhana bulan karena hanya gerhana semu," kata Emanuel.

Dia mengungkapkan, gerhana bulan penumbra merupakan kondisi bumi menutupi bulan pada bayang semu saja, dan berbeda dengan gerhana parsial yang akan menutup keseluruhan bulan. GBP akan terlihat di sebagian besar Eropa, Afrika, Asia, Australia, Samudera Hindia, dan Australia termasuk di seluruh wilayah Indonesia jika cuaca mendukung. "GBP ini terjadi pada (6/6/2020), pukul 00.45 WIB dan puncaknya pukul 02.24 WIB, dan berakhir pada pukul 04.04 WIB." Pungkasnya.

Reporter/Wartawan : Boim / Fahri Ketua FWHBU

TerPopuler