Header Ads

Peringati Hari Jadi Majalengka, Kapolres Bersama Forkopimda Berziarah Ke Makam Pendiri Kabupaten Majalengka



Aspirasijabar.net - Majalengka, Kapolres Majalengka AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso bersama Unsur Forkopimda Majalengka menghadiri Ziarah Kubur dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Majalengka Ke- 530, dengan tema “Dengan semangat Hari Jadi Majalengka Ke 530 Bersama Wujudkan Majalengka Raharja” bertempat Di Makam Pangeran Muhammad Dan Makam Nyi Siti Armilah bertempat di Margatapa Kampung - Desa Cicurug Kecamatan dan Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat. Jumat (05/06/2020).

Kegiatan Ziarah tersebut di pimpin langsung oleh Bupati Majalengka Dr. H. Karna Sobahi MM.Pd, unsur Forkominda, Kapolres Majalengka Dr.Bismo Teguh Prakaoso, Kajari, Dandim 0617, Dan Lanud S.Sukani, Ka Kemenag, Ketua beserta Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Majalengka, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Majalengka, Ketua MUI Majalengka Ketua FKUB Majalengka, para staf ahli, Asisten Daerah, para Kepala OPD, para Camat, para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka, kuncen makam serta masyarakat Kelurahan Cicurug.

Rombongan melakukan tabur bunga di Makam Pangeran Muhammad dan di makam Nyi Raden Siti Armilah di Jln. letkol abdul gani blakang pendopo pemda Majalengka Kelurahan Majalengka wetan Kec dan Kab Majalengka. Melalui ziarah kubur, kita dapat mengarifi nilai-nilai sejarah dan wahana untuk mempertebal keimanan dan selalu mengucapkan rasa syukur atas jasa-jasa para pendiri Kabupaten Majalengka.

Acara diawali dengan pembacaan sejarah singkat kiprah Pangeran Muhamad di bumi Sindangkasih Majalengka oleh Ketua DPRD Kabupaten Majalengka. Bupati Majalengka Dr. H. Karna Sobahi MM.Pd dalam sambutanya mengatakan, bahwa pada saat yang berbahagia untuk yang kesekian kalinya kita dapat berkumpul di hamparan atau areal tempat bersemayamnya pahlawan kita. Salah satu pahlawan kita, salah satu pejuang kita yaitu Pangeran Muhamad.

"Ziarah kubur adalah sebagai bentuk ritual intinya adalah menyampaikan doa untuk pendahulu kita, apa yang disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadist bahwasanya kita diminta untuk memperbanyak mengingat pemutus kelezatan yakni kematian. Jadi ketika kita berkunjung ke tempat ini, kita akan ingat akan dikubur seperti ini oleh karena itu menjelang Puncak hari jadi Majalengka yang akan dilakasnakan tanggal 7 Juni 2020, hari ini Kita akan persembahkan doa untuk pejuang kita yaitu Pangeran Muhamad. ujarnya.

lanjut Karna, bahwasanya tanpa terasa 530 usia Majalengka yang cukup matang bagi sebuah perjalanan historis, perjuangan dan pembangun yang harus kita jalankan di Kabupaten Majalengka yang sampai hari ini baru seperti ini. Kita persembahkan kepada pendahulu, kita yakin kan kepada para pejuang yang merintis Kabupaten Majalengka dengan usia tersebut sudah beberapa generasi yang secara turun-menurun berusaha keras untuk membangun dan mengisi lembaran sejarah Majalengka serta mewujudkan kehidupan masyarakat yang Sugih Mukti kertaraharja. (Riyana)

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.