Pelatihan Wahyu Memandu Ilmu dan Moderasi Beragama UIN Sunan Gunung Djati Bandung -->

Pelatihan Wahyu Memandu Ilmu dan Moderasi Beragama UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Dec 21, 2020, December 21, 2020
Pasang iklan
Aspirasijabar | Kota.Bandung-Upaya menyiapkan dosen muda UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang unggul dan kompetitif dengan memiliki sikap moderasi beragama, wawasan kebangsaan, wahyu memandu ilmu, maka digelar Pelatihan Wahyu Memandu Ilmu dan Moderasi Bergama yang berlangsung di Hotel Khatulistiwa Jatinangor Sumedang dari tanggal 20-21 Desember 2020.  

Prof. Dr. H. Afif Muhammad, M.A, Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag., Prof. Dr. H. Tedi Priatna, M.Ag, Prof. Dr. H. Ah. Fathonih, M.Ag., Prof. Dr. Hj. Ulfiah, M.Si, Prof. Dr. Hj. Aan Hasanah, M.Ed, Prof. Ahmad Ali Nurdin, Ph.D., Dr. Ayi Yunus Rusyana, M. Ag, Irfan Amalee, MA, Dr. Fenti Hikmawati, M. Si tampil menjadi narasumber acara pelatihan yang diselenggarakan oleh pengelola Wahyu Memandu Ilmu (WMI) dan Rumah Moderasi Beragama (RMB) UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang dibuka langsung oleh Rektor, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si.

Dalam sambutannya Prof. Mahmud menegaskan bahwa kegiatan pelatihan dosen ini seharusnya dilakukan sebelum melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di kampus. Untuk kegiatan pelatihan selanjutnya akan dilakukan di awal-awal pengangkatan ASN.  Melalui kegiatan pelatihan  ini, "Saya berharap kepada seluruh ASN yang baru agar senantiasa melaksanakan tugas sebagai dosen bersandar pada kode etik dosen yang berlaku di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, mulai dari aktif melaksanakan tugas kependidikan dengan baik, berkepribadian, memahami wahyu memandu ilmu secara komprehensif, moderat dalam berpikir dan bersikap, sampai ikut menyebarluaskan pentingnya memiliki wawasan kebangsaan," tegasnya, Ahad (20/12/2020). 

Rektor menyampaikan kepada Biro AUPK agar seluruh SK CPNS yang baru diserahkan di akhir pelatihan ini. "Oleh karenanya, seluruh peserta ASN ini dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan penuh tanggung jawab agar menjadi tempat penyemaian nilai-nilai agama yang moderat, rukun, cinta damai, sehingga dapat melahirkan dosen-dosen muda yang menjadi agen perdamaian dalam mengajarkan Islam yang rahmatan lil alamin," jelasnya. 
Ketua Penyelenggara, Dr. Deden Effendi, M. Ag menyampaikan kegiatan pelatihan ini merupakan kerjasama antara Wahyu Memandu Ilmu (WMI) dengan Rumah Moderasi Beragama (RMB) yang dilaksanakan dalam rangka membekali para dosen baru dari aspek kependidikan, kepribadian, integrasi keilmuan, moderasi beragama dan wawasan kebangsaan. "Keikutsertaan 57 peserta yang berasal dari berbagai Fakultas di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dan nyata untuk menciptakan iklim bangsa Indonesia yang harmonis, toleran, rukun, damai melalui peneguhan kembali cara pandang dan sikap moderat dalam beragama yang bersumber dari wahyu," paparnya, Senin (21/12/2020). 

Melalui pelatihan dosen yang dibagi kedalam dua kelas ini diharapkan mampu mencetak para penyemai moderasi di kalangan civitas akademika UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang memiliki cita-cita, target dan misi besar untuk tetap menjaga, merawat keutuhan NKRI dengan terus ikut mengkampanyekan untuk melawa ideologi radikal, teroris. 

Kegiatan Pelatihan Wahyu Memandu Ilmu dan Moderasi Bergama ini dihadiri Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan (AUPK), Drs. H. Akhmad Lutfi, MM, Kepala Bagian Keuangan, Dr. H. Aep Syaefudin Firdaus, M.Pd, Direktur dan Sekretaris RMB, Prof. Dr. H. Uus Ruswandi, M.Pd., Dr. H. Wawan Hermawan, M.Ag serta pengelola WMI.


( Red / Humas Uin )

TerPopuler