Pangdam XII/TPR Tutup Pembinaan Pembangunan Zona Integritas dan Sistem Pengendalian Internal Satuan Jajaran -->

Pangdam XII/TPR Tutup Pembinaan Pembangunan Zona Integritas dan Sistem Pengendalian Internal Satuan Jajaran

Jan 28, 2021, January 28, 2021
Pasang iklan
Aspirasijabar | Kubu Raya- Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menutup kegiatan Pembinaan Pembangunan Zona Integritas dan Sistem Pengendalian Internal Satuan Jajaran Kodam XII/Tpr bertempat di Aula Sudirman Makodam XII/Tpr.

Sebelumnya, dalam pembinaan ini para peserta yang berasal jajaran Kodam XII/Tpr menerima pembekalan, sosialisasi dan bimtek Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan/atau Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Sistem Pengendalian Intern (SPI) guna meningkatkan Pengawasan Internal.

Pembekalan selama satu hari ini sebelumnya dibuka oleh Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, S.Sos., dengan materi yang disampaikan oleh narasumber diantaranya, Dr. Barkah, S.E., M.Si., Dr. Witarsa, M.Si., dan Bapak Bona P. Purba dari Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam acara menyampaikan, Zona Integritas adalah tujuan akhir, bukan WBK atau WBBM. WBK atau WBBM adalah proses, suatu cara untuk menjadikan Kantor, Lembaga atau Daerah menjadi sebuah Island of Integrity atau Zona Integritas. 

"Waktu kegiatan pembekalan, sosialisasi dan Bimtek yang tersedia sangatlah singkat bila dikaitkan dengan materi yang diberikan, namun demikian para peserta sebagai pejabat pembuat produk di jajaran Kodam XII/Tpr harus bisa membuat dan dapat melaksanakan tertib administrasi dengan baik," tegas Pangdam XII/Tpr.
Untuk itu, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad berharap materi yang telah diperoleh dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengawasan dalam merencanakan, melaksanakan dan melaporkan suatu program kerja satuan sehingga tercapai keterpaduan, sinkronisasi dan koordinasi dalam pelaksanaan kegiatan sesuai program kerja satuan serta dalam mengendalikan pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran sesuai tuntutan Komando Atas guna mencapai status Wajar Tanpa Pengecualian. 

Kepada para peserta, Pangdam XII/Tpr mengucapkan terima kasih atas kesungguhannya dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Untuk itu sekembalinya untuk segera melaksanakan perbaikan di setiap satuan dalam mendukung tertib administrasi dan tetap menjaga komunikasi dengan staf atau bidang terkait supaya tidak ada kekeliruan dalam pembuatan produk staf.

"Kepada pemberi materi saya ucapkan terima kasih atas penjelasan yang diberikan kepada para peserta, semoga dapat bermanfaat untuk peningkatan dan penyempurnaan produk staf dalam mendukung tugas pokok Kodam XII/Tpr," tutup Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. 


(Pendam XII/Tpr)

TerPopuler