Hari Libur, Sat Binmas dan Sat Sabhara Polres Majalengka Latih Anggota Pramuka Saka Bhayangkara -->

Hari Libur, Sat Binmas dan Sat Sabhara Polres Majalengka Latih Anggota Pramuka Saka Bhayangkara

Feb 14, 2021, February 14, 2021
Pasang iklan
Aspirasijabar | Majalengka- Kasat Binmas AKP Rudy Djunardi seizin Kapolres Majalengka AKBP Syamsul Huda mengatakan meskipun hari Minggu, dimana umumnya siswa-siswi sekolah libur, namun tidak berlaku bagi anggota Pramuka Saka Bhayangkara Polres Majalengka.

Demi meningkatkan kemampuan dan memiliki keterampilan sebagai bekal dalam membantu tugas Polri dalam berikan pelayanan kepada masyarakat. Anggota Pramuka Saka Bhayangkara Polres Majalengka melaksanakan latihan dalam materi Search And Rescue (SAR) agar dapat secara profesional menangani bencana alam. Hal ini merupakan salah satu bentuk pelayanan terhadap masyarakat.

“Dalam kegiatan ini anggota Saka Bhayangkara berlatih bagaimana melatih kemampuan sehingga memiliki keterampilan dalam penggunaan mendayung dalam menanggulangi semua bencana jika sewaktu-waktu terjadi bencana diseluruh wilayah Kabupaten Majalengka,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini Anggota Sat Binmas dibantu anggota Sat Sabhara melatih para Pramuka Saka Bhayangkara dalam keterampilan penggunaan dengan sarana dan prasarana yaitu 2 unit rubber boat (perahu karet) dan diajari cara mengoperasikan prahu karet dengan menggunakan mesin dan dengan cara mendayung.

Selanjutnya Anggota Saka Bhayabgkara Polres Majalengka langsung melakukan praktek cara berenang efisien dalam upaya mengevakuasi korban tenggelam. Tak hanya itu mereka juga diajari cara mengoperasikan prahu karet dengan menggunakan mesin dan dengan cara mendayung.

“Dalam latihan tersebut memperagakan bagaimana Anggota Saka Bhayangkara Polres Majalengka selaku Tim SAR memberikan pertolongan bagi warga yang telenggelam dan terjebak dalam genangan air, dalam latihan Saka Bhayangkara ini terus mengasah kemampuannya dalam bidang SAR dan kerjasama dengan Sat Sabhara Polres Majalengka. ujar AKP Rudy Djunardi.

Dikarenakan Kabupaten Majalengka sedang dilanda bencana alam Banjir sebagai langkah antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana banjir, diharapkan dengan adanya latihan ini anggota Saka Bhayangkara Polres Majalengka terbiasa dan mampu melaksanakan tugas – tugas pertolongan dan penyelamatan korban tenggelam,” tutupnya.


Sumber : Humas Polres Majalengka 

TerPopuler