Pemdes Desa Banyuresmi, 64 KPM BLT Desa Terima Satu Bulan -->

Pemdes Desa Banyuresmi, 64 KPM BLT Desa Terima Satu Bulan

Apr 25, 2021, April 25, 2021
Pasang iklan
Aspirasijabar | Garut - Penyaluran BLT Desa Banyuresmi dilaksanakan diula Desa Banyuresmi, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat, berjalan aman dan lancar, sejak Pukul 09.00 hingga pukul 11.00 Wib.

Penyaluran BLT Dana Desa tahun 2021 berbeda dengan tahun 2020, yang diharapkan masyarakat sekaligus tiga Bulan; untuk Bulan Januari, Pebruari, dan Maret, tetapi untuk Tahun 2021 tiap KPM sementara hanya menerima suatu bulan, untuk Bulan Januari 2021 terlebih dahulu. Sabtu, 24/04/2021.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kecamaatan Banyuresmi Azis Dahyar Maulana, S.Sos menyemapaikan, "Penyaluran BLT Desa untuk Tahun 2021 sementara ini untuk Bulan Januari dengan besaran tiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) merima uang sebesar Rp.300.0000 (Tiga ratus ribu rupiah). Sementara untuk Bulan Pebruari, dan Meret 2021, kita menunggu radiogram, ucapnya.

Lanjut Azis mekanime penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, sekarang diatur oleh DPMD Kabupaten Garut, walaupun yang diharapkan masyarakat ingin mendapatkan tiga bulan sekaligus, seperti yang terjadi diakhiri Tahun 2020, ujarnya

Selain itu dengan adanya mekanisme penyaluran dibulan Januari 2021 untuk tiap KPM, bertujuan untuk tertib administrasi, walaupun penyalurannya dilaksanakan dibulan April 2021. Adapun Dana Desa (DD) 2021 tahap satu, selain untuk BLT Desa, ada juga untuk pembangunan fisik sesuai kebutuhan yang ada di Desa Banyuresmi, Tandasnya.

Sementara Sekdes Desa Banyuresmi Cep Zaki Mubarok menjelaskan, "Untuk penerima BLT Desa Tahun 2021 berjumlah 64 KPM sesuai hasil Musyawarah Khusus (Musdesus) Tahun 2020. Selain BLT Desa, Dana Desa (DD) itu digunakan untuk pembangunan fisik, yang akan dilaksanakan oleh pemerintah Desa Banyuresmi ditahun 2021 antara lain; untuk pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT), program rultilahu, dan peleburan jalan Jamburea, ucapnya.

Selain itu menurut Pendaping Lokal Desa (PLD) Desa Banyuresmi Rohmat, SE menambahkan terkait BLT Desa sekarang ini diatur oleh DPMD Kabupaten Garut, dan untuk saat ini Desa Banyuresmi melaksanakan pencairan Dana Desa (DD) tahap pertama untuk anggaran satu kali BLT Desa untuk Bulan Januari, dan mungkin untuk bulan kedua, ketiga dan seterusnya itu nanti akan menyusul, ungkapnya.

Saya berharap kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut, untuk segera mencairkan kembali Dana Desa (DD) untuk Bulan Pebruari, dan Maret untuk disalurkan kepada tiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM), karena warga masyarakat sebetulnya menunggu dan sangat membutuhkan bantuan disaat pandemi Covid-19. Pungkasnya.

Jurbalis : (Beni).

TerPopuler