Cetak Wirausaha IKM, Pemkab Purwakarta Gelar Pelatihan Membuat Aneka Kue Dan Roti -->

Cetak Wirausaha IKM, Pemkab Purwakarta Gelar Pelatihan Membuat Aneka Kue Dan Roti

8 Des 2021, Desember 08, 2021
Pasang iklan

Aspirasijabar | Purwakarta - Pembangunan suatu negara pada hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat dan pertumbuhan ekonomi agar stabil dan dalam keadaan baik. Adapun target utama yang menjadi landasan munculnya program-program pemerintah daerah adalah pengentasan kemiskinan dan pengangguran serta pengembangan ekonomi masyarakat.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika disela pembukaan acara Pelatihan Aneka Kue dan Bakery Tahun 2021, di Rumah Anyelir Bakery, Jalan Ibrahim Singadilaga, Purwakarta, Rabu 8 Desember 2021.

Menurutnya, pelatihan ini untuk penciptaan pekerja dan wirausahawan baru dalam industri kecil menengah. Hal ini, dapat dimaknai juga sebagai upaya pemberian kemampuan kepada warga masyarakat yang membutuhkan berbagai keterampilan sebagai bekal untuk bekerja atau berwirausaha.

Kata Ambu Anne, salah satu sektor yang senantiasa menjadi permasalahan yang dihadapi oleh setiap daerah adalah faktor lapangan kerja dan ketersediaan tenaga kerja. Kedua sektor ini memiliki hubungan yang signifikan dan saling ketergantungan antara satu dengan yang lainnya.

"Dan upaya yang dilakukan dalam rangka untuk menanggulangi pengangguran adalah melalui pelatihan pembuatan aneka kue dan bakery ini. Kami melaksanakan kegiatan ini juga dalam rangka memaksimalkan berkembangnya industri kecil dan menengah IKM dan UKM di Kabupaten Purwakarta. Adapun jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 240 orang secara online, dan yang memenuhi syarat hanya 50 orang pendaftar saja," ujar Ambu Anne.

Lebih jauh, mantan Mojang Purwakarta itu juga mengungkapkan, kemiskinan dan pengangguran dapat dipandang sebagai ketidakmampuan atau sebagai kekurangan kemampuan (lack of competency) dan keterampilan (skills) untuk bekerja dan mencari nafkah untuk mencukupi kehidupannya.

Menyikapi hal tersebut, program pendidikan kecakapan hidup (life skills education) terutama untuk penciptaan pekerja dan wirausahawan menjadi salah satu strategi yang diharapkan dapat mengantisipasi sekaligus mengatasi terus bertambahnya angka kemiskinan dan pengangguran salah satunya dengan pelatihan pembuatan aneka kue dan roti ini.

"Pemerintah Daerah akan selalu berupaya menganggarkan APBD untuk peningkatan wirausaha baru di bidang perindustrian atau produksi untuk masyarakat Kabupaten Purwakarta, sehingga industri kecil menegah di Kabupaten Purwakarta dapat terus berkembang," kata Anne.

Pada kesempatan itu, Bupati juga berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti Pelatihan Aneka Kue dan Bakery dengan sungguh-sungguh. Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini, para peserta dapat lebih berkembang dalam pembentukan ketrampilan atau praktek (skill), yang kelak akan menjadi embrio tumbuhnya Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Purwakarta.

Bupati Purwakarta juga mengapresiasi kepada Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) atas penyelenggaraan pelatihan aneka kue dan bakery ini, diharapkan kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik sebagaimana mestinya. 

Nampak hadit dalam giat tersebut; Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Purwakarta, Owner Anyelir Cake, Niko, Instruktur Pelatihan Bakery, Hany dan para peserta pelatihan aneka kue dan roti.


Red, 

TerPopuler