Tentara Gadungan Diamankan Polres Samosir,Diduga Menipu Boru Sinaga Di Samosir -->

Tentara Gadungan Diamankan Polres Samosir,Diduga Menipu Boru Sinaga Di Samosir

4 Des 2021, Desember 04, 2021
Pasang iklan

Aspirasijabar | Samosir - TNI gadungan yang bernama horas fernando nababan dan Boru Sinaga kenalan dimedia sosial Facebook, tentara gadungan yang mengaku anggota TNI AU berpangkat sersan mayor kepada boru sinaga, dilaporkan dengan nomor L/B/321/Xll/2021/SPKT/polres samosir/Polda Sumatra Utara

Awalnya, mereka mendapat laporan dari korban penipuan. Pelakunya mengaku anggota TNI. Mendapat laporan tersebut, pihak Polres Samosir melakukan penyelidikan dan berhasil meringkus pelaku di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Kamis (2/12/2021).


Hal ini dibenarkan oleh Kapolres Samosir melalui Kasat Reskrim Polres Samosir, AKP Suhartono ketika dikonfirmasi wartawan pada Jumat, (3/12).

“Benar, bahwa laporan yang di duga TNI gadungan itu benar dan sampai sekarang masih kami lakukan pemeriksaan,” ujar Suhartono.

TNI Gadungan ini diketahui juga melakukan tindak pidana dengan modus operandi membujuk uang dari korban ataupun pelapor sehingga mengalami kerugian sebesar tiga ratus ribu rupiah.

Modus ini terjadi sekira awal November 2021, Pelapor berkenalan dengan terlapor dengan menggunakan akun medsos Facebook.

Pelapor mengatakan,“Bahwa terlapor mengaku sebagai Anggota TNI AU dan pelapor dan terlapor berkomunikasi dengan menggunakan aplikasi massenger,” ujar Priska Mandasari Sinaga.


 pada tanggal 30 November 2021 terlapor menjumpai pelapor yang berlokasi di Desa Sosor Dolok Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, lalu terlapor memesan kepada pelapor supaya mencarikan penginapan dan pelapor pun membayar penginapan sebesar tiga ratus ribu rupiah sudah termasuk dengan biaya makan terlapor.

Kamis 02 Desember 2021 bersama dengan terlapor dan didampingi keluarga pelapor melakukan makan siang bersama di rumah pelapor yang berlokasi di Desa Sosor Dolok Harian, Samosir.

Kemudian orangtua pelapor menghubungi personil Polsek Harian Briptu Ardiansah Butar-butar dan Personil Koramil Kecamatan Harian, Serda Alfred Sihombing dan kemudian melakukan interogasi terhadap terlapor di rumah pelapor.

Terlapor menunjukan KTA (Kartu Tanda Anggota) AU yang diduga KTA palsu dan setelah dipastikan oleh Pihak TNI Koramil Harian Serda Alfred Sihombing bahwa terlapor tidak merupakan anggota TNI.

Selanjutnya, karena merasa dirugikan dalam peristiwa tersebut, datang ke Polres Samosir untuk melaporkan kejadian tersebut supaya terlapor dapat di proses sesuai dengan Undang- Undang yang berlaku di Negara Republik Indonesia.


Pewarta : (Valen)

TerPopuler