Pastikan Stok Bahan Pertanian, Babinsa 15/Plkb Cek Ketersediaan di Wilayah Binaan -->

Pastikan Stok Bahan Pertanian, Babinsa 15/Plkb Cek Ketersediaan di Wilayah Binaan

31 Jan 2022, Januari 31, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Aceh Timur - Babinsa Koramil 15/Peureulak Barat Kodim 0104/Aceh Timur Serda Eko Pranoto melakukan pengecekan ketersediaan bahan pertanian dan kisaran harganya dalam wilayah Kecamatan Peureulak Barat, Kabupaten Aceh Timur, Senin (31-01-2022).

Serda Eko Pranoto melakukan pengecekan ketersediaan dan harga bahan pertanian di salah satu usaha dagang di Desa Beuringin, Kecamatan Madat.

Kepada awak media Eko mengatakan, adapun barang yang dicek pada toko tersebut yakni racun, dan bibit tanaman, dan yang paling difokuskan pengecekan ketersediaan pupuk bersubsidi, dan harganya.

Berdasarkan hasil pengecekan tersebut, jelas Eko, ketersediaan pupuk jenis Urea, Phonska, SP36, ZA, dan pupuk organik di wilayah Kecamatan Peureulak Barat hingga saat ini masih aman.

Begitu juga harganya sudah sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah serta terjangkau oleh para petani.

Lanjut Eko menjelaskan, pengecekan ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan pupuk dan harga yang ada di kios-kios pertanian termasuk distribusinya, sehingga tidak ada penyimpangan dan sesuai dengan alokasi kebutuhan di wilayahnya.

"Melalui pengecekan ini akan diketahui stok pupuk, racun, dan bibit tanaman yang ada, sehingga dapat diantisipasi dan dipastikan agar petani tidak kesulitan untuk mendapatkan pupuk dan bahan lainnya," ungkap Eko.

Sementara itu, Danramil 15/Plkb Lettu Inf Syahrial mengatakan, pemantauan ketersediaan bahan pertanian di wilayah binaan tersebut selalu dilakukan Babinsa untuk mengetahui stok yang ada di kios-kios pertanian dikaitkan dengan alokasi kebutuhan kelompok tani (Poktan) yang ada di wilayah tersebut.

“Terjunnya para Babinsa ini sebagai bagian dari upaya khusus pendampingan ketahanan pangan dalam mendukung dan menyukseskan pencapaian swasembada pangan yang diprogramkan pemerintah," paparnya.


Red, 

TerPopuler