Pelatihan Tata Kelola arsip Pemerintah Penyusunan SKP Arsiparis di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sumedang -->

Pelatihan Tata Kelola arsip Pemerintah Penyusunan SKP Arsiparis di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sumedang

7 Jan 2022, Januari 07, 2022
Pasang iklan
Suasana Pelatihan Tata Kelola Arsip dan Penyusunan SKP (foto agus)

Aspirasijabar | Sumedang - Dalam rangka terwujudnya penyelenggaraan kearsipan secara nasional perlu didukung dengan sumber daya kearsipan yang berkualitas dan memadai sesuai dengan kebutuhan dan standar yang telah ditetapkan, salah satunya yakni Sumber Daya Manusia kearsipan, khususnya Jabatan Fungsional Arsiparis.

Dalam rangka memenuhi amanat Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 24 tahun 2016 tentang petunjuk teknis pelaksanaan Pembinaan Jabatan Fungsional Arsiparis dan Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia nomor 5 tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Prestasi Kerja Jabatan Fungsional Arsiparis maka penilaian Kinerja Arsiparis berdasarkan sasaran Kinerja Arsiparis (SKP). Untuk itu Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang menggelar Pelatihan.

“ Pengelolaan Arsip di Pemerintahan dan Penyusunan Bukti Fisik SKP Arsiparis di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sumedang” pada hari Jum'at tanggal 7 Januari 2022, bertempat di Aula Sekertariatan Kantor Arsip dan Perpustakaan, dengan narasumber dari Universitas Padjadjaran yaitu Nyi.Raden Anita Trikusumawati,SE.MM. Sulaeman SE.,Ope Destrian. S.SI.M.Ikom dan Dra. Anne D.Julianti,serta di ikuti oleh para arsiparis di Kabupaten Sumedang. Menurut Plt.Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang Drs. Agus Kori

Hidayat,M.Si tujuan diadakan Pelatihan ini adalah “untuk dapat menyusun SKP Arsiparis dan untuk mengetahui dan mempersiapkan bukti kinerjanya dan Keberadaan Jabatan Fungsional Arsiparis dalam penyelenggaraan kearsipan turut menentukan terwujudnya tujuan penyelenggaran kearsipan sehingga perlu dilaksanakan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia kearsipan yang tepat dan searah dengan manajemen Aparatur Sipil Negara”.

“dan juga saya ucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Kepala Kantor Arsip Unpad dan Arsiparis Unpad di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang yang telah berkunjung dan memberikan ilmu tentang tata kelola keasipan sehingga ke depannya para arsiparis dapat mengelola arsip dengan baik serta Pelatihan penyusunan SKP Arsiparis yang memang sangat di perlukan oleh para arsiparis di Kabupaten Sumedang dan Ilmu yang sudah dapat dalam pelatihan ini dapat di terapkan

atau di praktekan di unit kerja masing masing arsiparis dan Manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya dalam mengikuti kegiatan ini sehingga semua materi yang disampaikan oleh para narasumber dapat diserap secara optimal”, ujar Agus Kori Hidayat.

Para Peserta melakukan Foto bersama selesai Pelatihan (foto agus)

Sementara itu anita Kepala Kantor Arsip Unpad mengatakan “Penataan Arsip Pemerintah dan Tata Kelola Arsip Pemerintah sangatlah penting di pahami dan dapat di praktekan oleh para Arsiparis yang ada di Kabupaten Sumedang supaya penataan arsip dapat tertata dengan baik di Kabupaten Sumedang”.

materi penyusunan SKP yang di berikan oleh Pa Sulaeman, SE dapat memberikan gambaran kepada para arsiparis tentang pentingnya SKP dan cara pembuatan SKP serta barang bukti kinerjanya” ujar anita

Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang dan Sekertaris.Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang.


Sumber : (Agus)

Red, 

TerPopuler