Gerak Cepat Kepala Sekolah Ahmad Kosasih, S,Pd., M,MPd, Menuju Perubahan Di SDN 2 Cihanyir, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung -->

Gerak Cepat Kepala Sekolah Ahmad Kosasih, S,Pd., M,MPd, Menuju Perubahan Di SDN 2 Cihanyir, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung

20 Apr 2022, April 20, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Kab, Bandung - Peran utama kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan adalah menciptakan situasi belajar mengajar yang baik dan nyaman di sekolah. 

Dalam melaksanakan peran tersebut, kepala sekolah memiliki tanggung jawab ganda yaitu melaksanakan administrasi sekolah dan menata lingkungan sekolah sehingga tercipta situasi belajar mengajar yang baik sehingga memicu semangat belajar bagi siswa/siswi di Sekolah.

Hal inilah yang dilakukan oleh kepala sekolah SDN 02 Cihanyir Ahmad Kosasih, S.Pd., M,M.Pd., dalam menciptakan suasana belajar yang nyaman, Ahmad Kosasih melakukan pembenahan lingkungan sekolah sejak mendapat amanah menjadi Kepala Sekolah di SDN 02 Cihanyir kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung.

Dikala itu, Ahmad Kosasih langsung melakukan peninjauan di beberapa titik dan sudut sekolah tersebut dengan melakukan foto Nol, menurutnya ada beberapa yang menjadi perhatian untuk dilakukan pembenahan.

“Dalam program 100 hari awal menjabat sebagai kepala Sekolah di SDN 02 Cihanyir secara bertahap saya lakukan pembenahan di sekolah ini. Hal ini juga semata-mata hanya untuk kenyamanan sarana prasarana dan lingkungan Sekolah SDN 02 Cihanyir”, ujarnya.

Sejumlah titik yang sebelumnya terkesan jorok kini telah dimanfaatkan, seperti beberapa tempat yang tadinya kumuh dan tidak tertata dengan baik, tempat tersebut dipercantik agar bisa dimanfaatkan oleh siswa dengan baik, dan hal ini pun mendapatkan respon positif dari guru dan para orang tua siswa serta para tokoh setempat.

Menurutnya, dengan lingkungan sekolah yang bersih, rapi dan asri dapat menciptakan rasa nyaman, sehingga dengan kondisi tersebut dapat menjadikan tubuh sehat serta otomatis meningkatkan semangat belajar para siswa. Selain itu dengan budaya bersih saat mengikuti kegiatan belajar di sekolah juga dapat menjadikan siswa/i memiliki budaya bersih di rumah maupun di lingkungannya.

"Kalau lingkungan kita bersih, kita akan nyaman dan kalau sudah nyaman tentunya belajar juga nyaman. Maka dari itu, sebagai Kepala sekolah dan di bantu para guru beserta warga setempat terus melakukan pembenahan demi terciptanya lingkungan sekolah yang asri," ujarnya.
Kepala Sekolah SDN 2 Cihanyair 

Saya berharap adanya kepercayaan dari para orang tua siswa didik bahkan komite sekolah dibawah kepemimpinan saya di sekolah ini, semoga kedepan terdapat kerja sama yang baik dari kita semua untuk memperbaiki dari apa yang kurang disekolah ini serta menata karakter siswa yang ada demi mengedepankan prestasi siswa serta menjadikan siswa mampu tuk mengejar impian mereka,” kata Ahmad.

Mengenai rasa tanggung jawab serta tugas dan fungsi kepala sekolah itu wajib kita lakukan, sebagai kepala sekolah yang baru di sekolah ini saya berharap ada kepercayaan serta dorongan dan dukungan kerja sama dari semua guru-guru, komite sekolah dan juga orang tua siswa untuk memajukan serta mensejahterakan siswa didik di sekolah ini menjadi yang terbaik.

Di tempat yang sama ketua komite sekolah menyampaikan "komite beserta seluruh para orang tua siawa akan menopang serta mendukung program-program yang ada dibawah pimpinan kepala sekolah yang baru, ketua komite juga berterimakasih atas apa yang telah disampaikan oleh kepala sekolah yang baru untuk selalu bersama dalam perkembangan serta mengedepankan tugas dan fungsi masing masing dengan tujuan meningkatkan kwalitas sekolah dan menumbuh kembangkan siswa menjadi berkarakter dan disiplin", pungkasnya.

Ahmad Kosasih dalam komitmennya sebagai kepala sekolah mengatakan " Dengan spirit BEDAS bangkitkan budaya kerja guru dan tenaga kependidikan yang disiplin dan penuh tanggung jawab, memberikan Edukasi terhadap lingkungan yang mencerminkan sifat Guru (di gugu dan ditiru), dan menciptakan perubahan yang DINAMIS " Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih gemilang dari hari ini".

"Penyelenggaraan pendidikan tidak hanya berorientasi pada pada pencapaian tujuan duniawi semata tetepi lebih jauh lagi berorientasi pada tujuan ukhrowi sehingga seluruh warga sekolah harus menjunjung tinggi nilai moral dan agama dalam mencapai kesejahteraan yang hakiki demi tercapainya Baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur". Pungkasnya.


Itang, 

TerPopuler