Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melaksanakan Samosir Lake Toba Ultra Maraton 2022 di Sianjur Mulamula -->

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melaksanakan Samosir Lake Toba Ultra Maraton 2022 di Sianjur Mulamula

17 Sep 2022, September 17, 2022
Pasang iklan



Aspirasijabar || Samosir -  PANGURURAN- Pemerintah Kabupaten Samosir lewat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melaksanakan Samosir Lake Toba Ultra Maraton 2022.

Kegiatan ini dimulai dari Perkampungan Siraja Batak, Sigulatti, Kecamatan Sianjur Mulamula, pada Sabtu, (17/09). Ada 4 Kategori jarak pada kegiatan ini yakni, jarak tempuh 5Km, 12Km, 25Km, 50Km.

Ada banyak peserta yang antusias mengikuti kegiatan, terbukti dari 500 peserta yang mendaftarkan diri. Adapun peserta yang ikut, tak hanya dari Kawasan Danau Toba, melainkan dari berbagai Provinsi hingga mancan negara yakni Malaysia, Jepang, India, Netherland.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Samosir Vandiko Timoteus Gultom, ST didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tetti Naibaho kepada awak media saat diwawancari dilokasi acara.
“Kita bersyukur karna banyak peserta yang antusias mengikuti kegiatan ini, bahkan ada yang dari Mancan Negara,”ujar Vandiko.

Menurutnya Samosir Lake Toba Ultra Marathon tahun ini dilaksanakan di Kecamatan Sianjur Mulamula sebagai Start karena mengingat selain medan yang mendukung, juga pemandangan yang indah turut melengkapi.
“Peserta bisa melihat bukit yang menjulang indah, dan hamparan pesawahan, dan bisa melihat Danau Toba juga,”jelasnya

Vandiko menjelaskan bahwa kegiatan ini sesungguhnya sudah dimulai dari tahun 2015 yang lalu.
“Harusnya ini event ke 8 kali, namun mengingat pandemi covid yang melanda, jadi 2 tahun sempat dihentikan,”terangnya.

Demi meningkatkan kembali geliat dunia pariwisata di Kabupaten Samosir, Vandiko berharap agar event ini dapat berlangsung ke tahun berikutnya dan mendapatkan banyak dukungan dari seluruh pihak.
“Target kita, tahun berikutnya antusias peserta dari mancan negara lebih meningkat lagi, tentunya seiring dengan pulihnya dari situasi pandemi covid,” pungkasnya

Seorang peserta yang juga merupakan wakil bupati dari Kabupaten Serdang Bedagai Hj Adlin Umar Yusri Tambunan ST Msp mengaku mendapat pengalaman yang sangat menarik saat mengikuti kegiatan, sebab selain panorama yang indah sepanjang rute, jalur mendaki dan menurun menjadi pemacu adrenalin.
“Harapan kita kegiatan seperti ini semakin banyak, dan ini sangat layak jadi event Internasional,”ujar Adlin.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai nantinya akan membuat kegiatan sejenis. 
“Saya tadi mengikuti kategori 12Km, karna belum terbiasa lari dengan suhu dingin,” ucapnya.

Winer Sinaga (67) tahun peserta asal Provinsi Riau mengatakan bahwa sangat senang dapat mengikuti kegiatan ini meskipun diumurnya yang sudah cukup tua.
“Sudah biasa lari kalau saya, dan ini sangat menarik jalurnya, bisa liat bukit indah. Semoga tahun berikutnya bisa dilaksankan di daerah lain di Kabupaten Samosir,” pungkasnya

(Valen)

TerPopuler