Komisi I Bidang Pemerintahan DPRD Kota Cimahi, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) -->

Komisi I Bidang Pemerintahan DPRD Kota Cimahi, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak)

8 Okt 2022, Oktober 08, 2022
Pasang iklan




Aspirasi Jabar || Cimahi - Komisi I Bidang Pemerintahan DPRD Kota Cimahi, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Kantor Kecamatan Cimahi Selatan, terkait pelayanan masyarakat setiap kelurahan di Kecamatan Cimahi Selatan, Rabu (5/10/2022).

Ketua Komisi I, Hendra Saputra beserta anggota, yaitu Wahyu Widyatmoko, Sobari, Oneng Halimah dan Yulianawati disambut baik oleh pihak kecamatan, yang diwakili Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Cepi Rustiawan, bersama Lurah Melong Dian Rohimat, Lurah Leuwigajah Agus Lukman Hardiansyah, Lurah Cibeber Bambang Wahyu, Sekretaris Kelurahan (Seklur) Utama Sandy Nur beserta jajaran tamu undangan lainnya, di Ruang Rapat Kantor Kecamatan Cimahi Selatan Lantai 3.

Dalam sidak tersebut, para lurah menyampaikan analisis berbagai permasalahan di kelurahannya masing-masing, dari permasalahan Banjir, kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM), Aset-aset pemerintah, Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), Infrastruktur, Perijinan, bahkan terkait Bank Emok yang sangat meresahkan masyarakat.

Usai sidak, Ketua Komisi I Hendra Saputra mengatakan, tujuan dari sidak ini adalah untuk mengetahui berbagai permasalahan di masyarakat yang selama ini kurang dikomunikasikan.

“Dan dengan adanya komunikasi hari ini, akhirnya banyak hal yang didapat, dengan komunikasi yang baik, tentunya semua permasalahan bisa kita selesaikan,” ujar Hendra.

Terkait masalah Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Hendra menjelaskan, bahwa pihaknya akan fasilitasi para lurah dengan pihak BPN agar clear dilapangan.

Mengenai Masalah Corporate Social Responsibility (CSR), lanjut Hendra, Banyak pabrik-pabrik, tapi CSR tidak jelas, itu kita akan komunikasikan antara pihak kelurahan dengan Apindo..

Selanjutnya, masalah aset, Hendra mengatakan, bahwa aset-aset yang kurang terinventarisir, akan dimanfaatkan untuk kemaslahatan masyarakat.. Sedangkan permasalahan banjir, menurut Hendra, meski sudah ganti-ganti Lurah, tetapi permasalahannya itu-itu saja,

“Kita harap dengan lurah-lurah baru dan camat-camat baru, permasalahan ini bisa selesai dengan segera,” harap Hendra dengan tegas.

Yang terakhir, permasalahan Bank Emok.  “Kita akan mencoba mencegah agar masyarakat tidak memanfaatkan Bank Emok, karena Bank Emok ini membuat stres tingkat tinggi sampe bunuh diri,” ungkap Hendra dengan miris.

Hendra berharap kepada Para Lurah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat, supaya menghindari Bank Emok, dengan memberi bantuan kepada mereka sebuah pinjaman modal usaha, dalam bentuk Koperasi misalnya yang dibentuk oleh semua RW.

Di kesempatan yang sama, Sekcam Cimahi Selatan, Cepi Rustiawan, mengucapkan terima kasih kepada Komisi I DPRD Kota Cimahi atas kunjungan kerjanya yang sangat bermanfaat, dan menjadikan komunikasi yang sinergi antara legislatif dan eksekutif.

“Kami sebagai pelaksana kebijakan politik, siap untuk menyiapkan berbagai laporan dan informasi dan kami siap untuk menerima masukan-masukan, untuk menjadi lebih baik dalam melaksanakan pelayanan di Kecamatan Cimahi Selatan ini,” tandasnya.

TerPopuler