Ngobrol Santai Edukatif, Mengenal Kaulinan Barudak Sunda -->

Ngobrol Santai Edukatif, Mengenal Kaulinan Barudak Sunda

14 Nov 2022, November 14, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Kota Bandung - Sebelum teknologi secanggih seperti sekarang, ragam permainan tradisional anak menjadi favorit masyarakat. Di Tanah Sunda, permainan tradisional anak dikenal dengan istilah kaulinan barudak Sunda.

Ngobrol Santai Edukatif ini bersama H. Dani Nurahman S.Ap., M.Ap., Kabid Sapras SMP Disdik Kota Bandung di ruang kerjanya jalan Ahmad Yani Bandung, Senin 14/11/22.

Kaulinan yang artinya permainan, berasal dari kata ulin (main). Sedangkan barudak memiliki arti anak-anak. Secara tradisi, permainan ini sudah ada sejak zaman dahulu kala.

Beberapa kaulinan barudak Sunda memiliki keunikan yang menjadikannya berbeda dengan jenis-jenis permainan tradisional di daerah lain.

Dani menilai makna kaulinan barudak Sunda yang pernah dimainkan dan dikenalnya, yaitu memiliki makna, bahwa;
Permainan Sunda memiliki nilai yang kolektif, karena pelaksanaannya selalu melibatkan banyak orang.

Selain untuk hiburan, permainan Sunda berhubungan dengan aspek sosial, pendidikan, dan kreativitas motorik.

Pemainannya cenderung memanfaatkan tempat yang luas, sehingga memiliki nilai ekonomis tinggi.


Lanjut Dani memaparkan, selain itu, yang paling menarik dari kaulinan Barudak Sunda adalah penggunaan nyanyian berbahasa Sunda atau kakawihan dibeberapa jenis permainan.

Namun, akibat kemunculan game online, beberapa permainan tradisional anak di Sunda semakin jarang dimainkan. Meski ada juga yang masih eksis, jumlahnya pun relatif sedikit.

Dani menyebutkan beberapa kaulinan barudak Sunda yang pernah dimainkan dan dikenalnya, diantaranya, seperti:

1. Anjang-Anjangan

Permainan ini banyak dimainkan anak-anak perempuan. Cara bermainnya, satu orang anak berperan sebagai penjual makanan. Dirinya berpura-pura memasak dengan menggunakan daun-daunan, sedangkan teman yang lain berperan sebagai pembeli.

Permainan ini juga bisa ditambahkan dengan peran lainnya seperti menjadi seorang guru, murid, atau sesuai keinginan para pemainnya.

2. Gatrik

Gatrik merupakan permainan yang lebih banyak dimainkan oleh anak laki-laki. Permainan ini menggunakan dua buah bambu berbeda ukuran, yaitu satu pendek dan satu panjang. Dengan beberapa gerakan, bambu pendek dipukul dan dilontarkan dengan bambu panjang.
Jika bambu pendek yang dilontarkan berhasil ditangkap oleh tim lawan atau tim penjaga, maka tim pelempar akan kalah. Permainan ini umumnya dilakukan lebih dari 3 anak.

3. Egrang atau Jangkungan

Egrang menjadi permainan tradisional yang menyenangkan untuk dimainkan. Anak-anak akan menggunakan dua tongkat bambu yang memiliki pijakan sebagai tumpuan kaki.
Permainan egrang membutuhkan keseimbangan serta konsentrasi, agar bisa berjalan ke depan, ke belakang, maupun ke samping kiri dan kanan.

4. Ucing-Ucingan

Permainan ini bisa dilakukan anak laki-laki maupun perempuan. Seorang anak dipilih melalui cara pemilihan tertentu, seperti suten, hompimpah, atau kacang-kacangan untuk menjadi ucing.
Tugas seorang ucing itu ialah mengejar temannya yang lain dan harus bisa menyentuh satu per satu. Permainan selesai jika si ucing berhasil menyentuh semua temannya.

5. Sapintrong

Permainan ini dimainkan anak-anak perempuan menggunakan alat bantu dari karet gelang yang dirangkai panjang menyerupai tali. Dua orang memainkan tali karet dengan cara diputar-putar, sedangkan satu orang lainnya berloncat menghindari tali karet tersebut. Sapintrong biasanya dimainkan secara bergilir sampai pada hitungan putaran tertentu.

Sebenarnya masih banyak kaulinan barudak Sunda lainnya, ada puluhan bahkan ratusan.

Yang terpenting ada niatan kita semua untuk melestarikannya, sama halnya dengan melestarikan budaya Sunda itu sendiri, ajak Dani.


Red.

TerPopuler