PEMKOT CIMAHI GELAR UPACARA PERINGATAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2022 -->

PEMKOT CIMAHI GELAR UPACARA PERINGATAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2022

25 Nov 2022, November 25, 2022
Pasang iklan



Aspirasi Jabar || CIMAHI, DISKOMINFO. Memperingati Hari Guru Nasional, Pemerintah Daerah Kota Cimahi menggelar Upacara Peringatan Hari Guru Tingkat Kota Cimahi Tahun 2022 di Lapangan Apel lingkungan Pemerintah Kota Cimahi, Jumat (25/11).  Peringatan Hari Guru Nasional yang diperingati pada tanggal 25 November setiap tahunnya untuk menghormati jasa para guru sebagai pendidik bangsa.


Hadir sebagai pembina upacara, Pejabat Wali Kota Cimahi, Dikdik S. Nurgahawan mengucapkan rasa terima kasihnya pada guru atas semua pengorbanannya dalam upaya mencerdaskan anak bangsa, “Terimakasih atas bakti dan dedikasi yang tiada henti untuk negeri, bakti yang merupakan bentuk dari keteguhan hati mendidik siswa siswi menghadapi dunia,” tuturnya.


Dalam kesempatan tersebut Dikdik juga membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim pada Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022.
Dalam amanahnya Nadiem berpesan kepada para pendidik untuk tetap semangat dan terus berinovasi, menciptakan perubahan dan kebaruan, meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak lagi sesuai dengan tantangan dan kebutuhan zaman.


Guru dituntut untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran di kelas atau dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin satuan pendidikan. Namun demikian, bukan hanya guru yang terus didorong untuk berubah, Kemendikbudristek juga memacu diri untuk berinovasi, mengubah cara pandang dan cara kerja dalam memberikan layanan terbaik bagi pendidik dan peserta didik.
Platform merdeka mengajar diluncurkan pada awal tahun ini, sepenuhnya dirancang untuk memenuhi kebutuhan guru akan ruang untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi, platform tersebut  dibuat berdasarkan kebutuhan yang ada di lapangan. 


Dalam platform merdeka mengajar, guru bisa mengakses modul pembelajaran dengan gratis, mengunggah dan membagikan konten-konten praktik baik pembelajaran, dan terkoneksi dengan rekan sesama guru dari daerah lain serta terus membuka kesempatan bagi para guru untuk mengikuti program guru penggerak yang berbeda dengan program pendidikan yang ada selama ini. program guru penggerak bertujuan untuk menghasilkan generasi baru kepemimpinan pendidikan indonesia. 



Mereka adalah guru yang menomorsatukan murid dalam setiap keputusannya, yang mampu menjadi mentor bagi guru-guru lainnya, dan berani melakukan terobosan-terobosan dalam memperjuangkan yang terbaik bagi muridnya. inilah generasi baru kepala sekolah dan pengawas.
 “Sekarang sudah ada 50.000 guru penggerak, dan tentunya masih akan terus mendorong agar makin banyak guru di seluruh penjuru nusantara menjadi guru penggerak untuk memimpin roda perubahan pendidikan indonesia. “ ungkap Nadiem 


Ia juga berharap agar seluruh kepala daerah dapat segera mengangkat para guru penggerak untuk bisa menjadi kepala sekolah dan pengawas sekolah, para inovator di sekolah dan di lingkungan sekitar.


inovasi lainnya adalah kini perkuliahan PPG jauh lebih terintegrasi dengan sekolah, kampus, dan masyarakat melalui sistem digital semua ini bertujuan untuk melahirkan para pendidik sejati yang profesional dan adaptif, yang terus memprioritaskan kebutuhan peserta didik, dan yang selalu bersemangat untuk berkolaborasi dalam berinovasi.
 “Bahwa memang masih banyak hal yang perlu disempurnakan dalam program ini. karena itulah semua dari kita harus bergotong royong agar target kita, yakni satu juta guru diangkat sebagai asn pppk, dapat segera terwujud.”ujarnya


Pada momen peringatan Hari Guru Nasional tersebut Pemerintah Kota Cimahi menyampaikan Penghargaan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif kepada guru/Kepala PAUD, guru SD, guru SMP, Pengelola LKP, Tutor kesetaraan dan Operator kesetaraan. Sebagai berikut : 
NO
NAMA
UNIT KERJA
KATEGORI

1
Nisma Nurul Bilad, SE.,M.Pd
LKP Nuning
Juara 1 Apresiasi Pengelola LKP Inspiratif

2
Nuki Widiastuti,S.Pd.,M.Pd
PKBM Daarul Piqri
Juara 1 Apresiasi Tutor Kesetaraan Inspiratif

3
Yeni Maryani, S.Pd
RA Multazam 
Juara 1 Apresiasi Kepala PAUD Inspiratif

4
Asep Sobirin, S.Pd.I
AT-Tajdid
Juara 1 Apresiasi Operator Kesetaraan Inspiratif

5
Risa Yulianti, S.Pd
TK Pandiga Mutiara
Juara 1 Apresiasi Guru PAUD Inspiratif

6
Ria Martina Pratiwi, S.Pd
TK Paripurna 3
Juara 2 Apresiasi Guru PAUD Inspiratif

7
Mimin Mintarsi, M.Pd
TK Daya Nusa
Juara 3 Apresiasi Guru PAUD Inspiratif

8
Lucky Taufik Sutrisno, S.Pd.
SDN Baros Mandiri 4
Juara 1 Apresiasi Guru SD Inspiratif

9
Ulfie Ariefa Hasanie, S.Pd
SDN Cibabat 4
Juara 2 Apresiasi Guru SD Inspiratif

10
Finda Firmala Jelita, S.Pd.I,S.SPd.
SD Plus Nurul Aulia
Juara 3 Apresiasi Guru SD Inspiratif

11
Achmad Kustiawan,S.Pd
SDN Leuwigajah
Juara 1 Apresiasi Kepala SD Inspiratif

12
Neneng  Tety Kurniawati, S.Pd
SDN Karangmekar Mandiri 1
Juara 2 Apresiasi Kepala SD Inspiratif

13
Ema Kaniawati, S.Pd.Sd
SDN Rancabentang 3
Juara 3 Apresiasi Kepala SD Inspiratif

14
Lien Karlina, S.Pd, M.M.Pd
SMPN 12 Cimahi
Juara 1 Apresiasi Kepala SMP Inspiratif

15
Sri Gumanti, M.Pd.
SMPN 5 Cimahi
Juara 2 Apresiasi Kepala SMP Inspiratif

16
Clara Yunita Tatang, S.T.,M.Pd.
SMPK BPK Penabur Cimahi
Juara 3 Apresiasi Kepala SMP Inspiratif

17
Sri Wahyu Winnarty, M.Pd
SMPN 13 Cimahi
Juara 1 Apresiasi Guru SMP Inspiratif

18
Resna Juwita Nurkirana,M.Pd
SMPN 5 Cimahi
Juara 2 Apresiasi Guru SMP Inspiratif

19
Susanti Yulianti, M.Pd.
SMPN 16 Cimahi
Juara 3 Apresiasi Guru SMP Inspiratif

20
Rahmat Kurnia, S.I.Pust.
SMPN 1 Cimahi
Juara 1 Apresiasi Operator  SMP Inspiratif

21
Thania Sifa Kinasih, S.M
SMP Plus Nurul Aulia
Juara 2 Apresiasi Operator  SMP Inspiratif

22
Fathur Ginola Putra Lesmana
SMPN 12 Cimahi
Juara 3 Apresiasi Operator  SMP Inspiratif






Turut hadir dalam upacara Peringatan Hari Guru Nasional Plt. Sekretaris Daerah Kota Cimahi, para Asisten, Kepala SKPD, Camat dan Lurah se-Kota Cimahi, Kepala Kantor Cabang Wilayah VII Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Ketua Dewan Pendidikan, Rektor IKIP Siliwangi Bandung, Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani dan Ketua STKIP Pasundan Cimahi, Pimpinan Bank BJB, Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cimahi, Ketua Dewan Pendidikan, Kepala Kantor Kemenag Kota Cimahi Ketua MUI Kota Cimahi, Pj.Ketua TP. PKK, Plt. Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Cimahi, Kepala Sekolah, Guru. 

TerPopuler