Verifikasi Evaluasi dan Penilaian Akhir Program P2WKSS RW 08 Kelurahan Gedang Kecamatan Batununggal Sebagai Wakil TP PKK Kota Bandung -->

Verifikasi Evaluasi dan Penilaian Akhir Program P2WKSS RW 08 Kelurahan Gedang Kecamatan Batununggal Sebagai Wakil TP PKK Kota Bandung

22 Nov 2022, November 22, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Kota Bandung - Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di Kelurahan Kebon Gedang, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, digelar untuk memaksimalkan peran perempuan di berbagai sektor. Mulai dari sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, hingga lingkungan hidup.

Hari ini, Tim Verifikasi Evaluasi serta penilaian akhir Kegiatan Program P2WKSS Provinsi Jawa Barat Ema pandora bersama para pendamping dari prov Jawa barat melakukan verifikasi akhir di lokasi binaan Kelurahan Kebon Gedang, Tim Verifikasi Prov Jabar diterima langsung oleh Lurah Kebon Gedang Yusuf Firmansyah, SH , Selasa (22/11/2022).

P2WKSS merupakan salah satu program peningkatan peranan wanita dalam pembangunan yang berupaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam. Pengembangan tersebut ditujukan demi terwujudnya keluarga sehat, sejahtera dan bahagia dengan wanita sebagai penggeraknya.

"Harapannya dengan dorongan dan kebersamaan perempuan untuk beraktivitas dan berproduktivitas dapat berkembang dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan lebih baik lagi untuk tumbuh kembang anak," kata Ketua Tim Penilai Lomba P2WKSS Provinsi Jawa Barat Ema Pandora.

Ema Sumarna, Sekda Kota Bandung, dengan dilaksanakan penilaian keluar sebagai juara bukan sebuah target.

"Kalau juara itu bonus, kita memang melihat dari semua aspek tidak hanya misalkan aktivitas masyarakat di sini, penerimaan juga salah satu poin. Tetapi yang lebih penting bagaimana keluarga dan masyarakat khususnya di Kelurahan Kebon Gedang menjadi sejahtera dan menjadi lebih baik lagi,” terangnya.

"Tidak luput saya mengajak doa bersama, empati dan ikut peduli dan meminta perhatiannya untuk saudara-saudara kita yang Cianjur, yang sedang mengalami musibah benca alam gempa bumi, semoga saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah tersebut diberi kekuatan dan kesabaran," tuturnya.

Lurah Kebon Gedang Yusuf Firmansyah, SH mengatakan,  kegiatan P2WKSS terlaksana dengan baik berkat dukungan dari semua Perangkat Daerah. Misalnya dengan adanya bedah rumah oleh Dinas DP3A, Dinas Sosial, Disbudpar, Puspaga Kota bdg & SDA,Disdukcapil,  pembinaan koperasi oleh Dinas KUM, DKPP, Dinkes, Dinas Pendidikan, Baznas, Diskar PB, Marka Jalan oleh Dishub dan Dinas Arsip Perpustakaan, PDAM Tirtawening, DLHK,Disnaker, DPPKB, dan lain sebagainya.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Wali Kota Bandung, Ibu Ketua y, Bapak Sekretaris Daerah Kota Bandung, Bapak Asisten Daerah Kab.Tangerang dan Kepala Perangkat Daerah (PD) yang tidak bisa disebutkan satu-persatu, dengan kontribusi dan dukungan dari para Perangkat Daerah kegiatan P2WKSS dapat terlaksana dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal," katanya.

Ketua team penggerak TP PKK kelurahan Kebon Gedang Kecamatan Batununggal
Nenden Renti Rahmadila mengatakan, untuk bisa mengoptimalkan kinerja posyandu yang multifungsi dan terintegrasi, perlu adanya kolaborasi pentahelix. 

"Kolaborasi antara akademisi, perusahaan, pemerintah, media, dan komunitas untuk mewujudkan posyandu juara multifungsi," kata Renti.

Ia memaparkan, posyandu multifungsi merupakan posyandu tribina keluarga, yakni bina balita, remaja, dan lansia. Beberapa kegiatannya antara lain imunisasi lengkap, pola asuh anak remaja (PAAR), senam ibu hamil, serta pengecekan tensi dan gula darah untuk lansia.

Ia menambahkan, program yang sedang difokuskan di posyandu tersebut adalah penurunan angka stunting. Sebab Kelurahan Kebon Gedang termasuk dalam wilayah intervensi penurunan angka stunting di Kota Bandung.

"Inovasi dan kolaborasi yang telah pihaknya lakukan, antara lain Gumeulis (gerakan menciptakan lingkungan sehat), Kang Ibing (gerakan berbagi untuk stunting), LA (lembur asih), Jumpalit (jumpa balita), dan Getar (gerakan tanpa rokok) dan banyak lagi,"katanya.

Sementara itu, Ketua RW 08, Cece Sukmawan menyampaikan, Semoga melalui kegitan ini dapat mempercepat upaya peningkatan kualitas hidup perempuan dengan penyuluhan pengetahuan, keterampilan dasar, kegiatan sosial serta pembangunan fisik lainnya," ungkap Cece. 

"Ungnapan Rasa Syukur dan Terimakasih Banyak atas suksesnya acara tersebut dan kerjasamanya dari berbagai pihak yang ikut Mengsukseskan program dan acara tersebut,"pungkasnya.


(Red/Iwan)

TerPopuler