Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Memberikan Pelatihan Peternakan Domba di Desa Ambit Kecamatan Situraja -->

Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Memberikan Pelatihan Peternakan Domba di Desa Ambit Kecamatan Situraja

16 Jan 2023, Januari 16, 2023
Pasang iklan

Aspirasijabar | Sumedang - Dalam upaya meningkatkan mutu dan kuwalitas peternakan rakyat, pemerintah desa (Pemdes) Ambit Kecamatan Situraja mengandeng Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran untuk memberikan pelatihan Peternakan Domba bagi Masyarakat dan Kelompok Ternak Desa Ambit Kecamatan Situraja dengan tema “Budidaya Ternak domba Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan" pada hari Jumat 13 Januari 2023 bertempat di Aula Desa Ambit Kecamatan Situraja. 

Menurut Aa Rahma Suryana, Kepala Desa (Kades) Ambit, untuk wilayah Kecamatan Situraja program kegiatan pelatihan Budidaya Ternak Domba Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan ini mungkin pertama di tahun 2023. Dalam program kerja desa dilaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat, khususnya bagi peternak domba yang ada di Desa Ambit Kecamatan Situraja. 

“Saya ucapkan selamat datang kepada para narasumber dan Harapan kami kedepannya untuk meningkatkan mutu dan kuwalitas peternak terutama di dalam budidaya ternak domba serta lebih mempermudah dan meningkatkan produksi baik yang peternak untuk bridding dan usaha penggemukan dalam mewujudkan ketahanan pangan'"ujar Aa Rahma. 

Adapun narasumber yang memberikan materi pelatihan Budidaya Ternak Domba demi Mewujudkan Ketahanan Pangan adalah Dr.Ir.Denie Heriyadi,S.U dan Ir. An An Nurmeidjansyah, S. Pt, M.S., IPM dari Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran. 

Aa Rahma menambahkan dengan adanya kegiatan yang digelar pihaknya beharap bisa bermanfaat untuk para peternak. Yang ada di Desa Ambit. Program kegiatan yang digelar ini bisa ditingkatkan dan berkelanjutan dan Alhamdulilhah masyarakat yang ikut kegiatan sangat banyak sehingga di harapkan dalam pelatihan ini dapat meningkatkan skil dan sumber daya masyarakat dalam beternak domba ke depannya serta akan meningkatkan ekonomi pendapatan masyarakat, dan suatu saat Desa Ambit di harapkan bisa menjadi sentra peternakan domba. 

Sementara Ir.An An Nurmeidiansyah,S.Pt.,M.S.,/IPM. dalam pemaparanya lebih menekankan untuk berbagi pengalaman, Untuk itu sejak awal dia mengingatkan bagi masyarakat Desa Ambit yang beternak Domba untuk menetapkan tujuan awal spesifik. Ada beberapa pilihan antara lain untuk pembibitan, bridding atau penggemukan. 

Sehingga dalam melakukan usaha peternakan budi daya domba peternak desa Ambit sejak awal diharapkan mampu memilih bibit yang bagus, management pakan dan kandang yang bagus serta menyesuaikan dengan potensi lokasi yang ada. 

Dr.Ir Denie Heriyadi.S.U mengatakan “Pelatihan Di Desa Ambit sangat surprise melihat antusias masyarakat untuk mengikuti Pelatihan Budidaya Domba Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan itu sudah membuktikan potensi yang ada di Desa Ambit begitu besar dan di harapkan dapat di kembangkan SDMnya, motivasi yang di berikan dalam pelatihan ini dapat mendorong masyarakat desa ambit dari peternak pemelihara Domba menjadi Peternak produsen domba, jadi kata kuncinya bagaimana merubah mainsaite Peternak di desa ambit dari peternak pemelihara domba menjadi peternak produsen damba dan di harapkan ke depannya desa ambit menjadi sentra pengembangan peternakan domba sehingga menjadi sumber bibit domba, untuk sampai ke sana di harapkan Pemerintah Desa Ambit dapat meningkatkan SDM Peternaknya rnelalui PelatihanPelatihan yang berkesinambungan”. 

agus/red

TerPopuler