Kolaborasi UPT Pertanian Wilayah VI dengan Bank BRI Banyuresmi Sukseskan Program Kartu Tani -->

Kolaborasi UPT Pertanian Wilayah VI dengan Bank BRI Banyuresmi Sukseskan Program Kartu Tani

13 Jan 2023, Januari 13, 2023
Pasang iklan

Aspirasijabar | Garut - Kiprah Bank BRI dalam memberdayakan di sektor pertanian tidak diragukan lagi, Bank BRI sejak awal berdirinya telah menjadi sahabat bagi para petani, hal ini juga dilakukan Bank BRI Cabang Garut Unit Banyuresmi. Kamis, 12 Januari 2023.

Menurut Kepala UPT Pertanian Wilayah VI (Kecamatan Banyuresmi, Lewigoong, dan Kecamatan Cibatu) Endra Haryawan, STP. Menjelaskan jumlah penerima kartu Tani diwilayah Kecamatan Banyuresmi berjumlah 10.497 KPM tersebar di 15 Desa.

"Untuk Desa Bagendit 797 KPM, Banyuresmi 782 KPM, Bina karya 713 KPM, Cimareme 517 KPM, Cipicung 454 KPM, Dangdeur 831 KPM, Karyamukti 550 KPM, Karyasari 754 KPM.

Selain Desa Pamekarsari 411 KPM, Sukakarya 1.690 KPM, Sukalaksana 827 KPM, Sukamukti 416 KPM, Sukaratu, 461 KPM, Sukaraja 782 KPM, dan Desa Sukasenang 512 KPM.

Menganai masa (waktu) penyaluran atau pengambilan kartu selama satu tahun (01 Januari - 31 Desember 2023), untuk penyaluran kartu sendiri Alhamdulillah sampai saat ini baru (70%) tersalurkan, Kepada Para KPM.

Ditempat terpisah Kepala Bank Cabang BRI Yuda Lesmana, penyaluran kartu tani Bank BRI mulai sejak bulan september 2022 dipercaya oleh pemerintah bersama Dinas pertanian untuk menyalurkan kartu tani bagi para petani di wilayah Kecamatan Banyuresmi. Ungkapnya 

Kartu tani adalah kartu ATM dan buku tabungan dari bank BRI yang bisa digunakan untuk menampung alokasi subsidi pupuk dari pemerintah kepada petani.

"Penebusan pupuk bersubsidi dengan kartu tani hanya bisa dilakukan di agen-agen pupuk yang telah ditunjuk dan memenuhi kualifikasi sebagai Kios Pupuk Lengkap (KPL)" Ujarnya 

Yuda Lesmana mengatakan bahwa BRI untuk memastikan para petani penerima kartu tani bisa menebus alokasi pupuk bersubsidi di agen-agen pupuk yang telah ditunjuk.

lebih lanjut, Yuda Lesmana menyatakan bahwa BRI dan Dinas pertanian untuk mempercepat penyaluran kartu tani selain penyaluran di kantor Desa penyaluran kartu tani juga sudah dilakukan secara door to door perkelompok yang bertujuan penyaluran kartu tani kepada para petani bisa cepat dan dan tepat waktu. Pungkasnya

Jurnalis : (Beni)

TerPopuler