Badan Pertanahan Nasional(BPN) Purwakarta Gelar Sosialisasi PTSL di Kecamatan Darangdan -->

Badan Pertanahan Nasional(BPN) Purwakarta Gelar Sosialisasi PTSL di Kecamatan Darangdan

29 Feb 2024, Februari 29, 2024
Pasang iklan


Aspirasi Jabar||Purwakarta-Pemeritah Kecamatan Darangdan Memfasilitasi kegiatan sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap 
Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang diselenggaraken Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Purwakarta, yang bertempat di Pendopo Kecamatan Darangdan, pada Kamis 29 Februari 2024.

Narasumber Sosialisasi PTSL yaitu Wakil Ketua Tim-4 PTSL BPN Kabupaten Purwakarta Rizki Riyanto dan Perwakilan Kasi Intel Kajari Purwakarta.

Sosialisasi tersebut yang dibuka resmi oleh Camat Darangdan Drs Al Idrus Nurhasan didampingi Sekcam Indra Wijaya Kusuma,S.STP dihadiri Perawakilan Tim-4 PTSL Kabupaten Purwakarta serta intelijen Kajari Purwakarta, kemudian dihadiri 14-desa dari 15-desa SeKecamatan Darangdan bersama para Sekretaris Desa (Sekdes) seKecamatan Darangdan.

"Di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat, telah dipetakankan kantor Pertanahan/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Purwakarta.

Pada tahun 2024 ini BPN Purwakarta menargetkan 60 ribu bidang tanah  bisa diukur dan bersetifikat.
Kami alokasikan di 15 Kecamatan di 102 Desa atau kelurahan di Kabupaten Purwakarta, termasuk KecamatanDarangdan dan 14-desa seKecamatan Darangdan.
"Kata Perwakilan tim 4 PTSL Kabupaten Purwakarta kepada awak media di Kecamatan Darangdan.

Ia mengatakan dengan adanya program PTSL ini, diharapkan masyarakat di 14-desa seKecamatan Darangdan ini mendapat kepastian hukum terkait subyek dan obyek atas tanah.

Adapun biaya untuk PTSL ini, ia mengatakan bahwa masyarakat cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 150 ribu.

Sesuai keputusan tiga menteri, yaitu Menteri Agraria Tata Ruang (ATR), Mendagri, dan Kemendes disebutkan bahwa untuk wilayah Jawa dan Bali ada biaya sebesar Rp 150 ribu, biaya tersebut untuk digunakan untuk patok, materai, fotokopi berkas hingga operasional aparatur desa. "Katanya.

Penulis    : Bah 
Sumber   : Alek.DR

TerPopuler