KADINSOS : Saya AkanLakukan Tindakan Tegas Jika Ada Agen Dan Penyaluran Bansos Nakal -->

KADINSOS : Saya AkanLakukan Tindakan Tegas Jika Ada Agen Dan Penyaluran Bansos Nakal

21 Jul 2020, Juli 21, 2020
Pasang iklan



Aspirasijabar.net-Ciseeng, Bogor. Maraknya informasi tentang pemyaluran barang bantuan sosial (Bansos) terutama dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ditanggapi serius oleh Rustandi, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabuoaten Bogor:

Rustandi pun langsung turun gunung melakukan pengecekan serta mengambil beberapa contoh barang yang diinformasikan tidak sesuai mutu (kualitas) dalam Pedoman Umum (Pedum). "Saya sudah ambil 1 sampel beras yang langsung saya masak dan rasakan sendiri di rumah. Hasilnya bagus. Tapi seri berikutnya akan saya ambil sampel lainya," ungkap Rustandi, Selasa (31/7/2020).

Dia menjelaskan, menyikapi beberapa informasi dan kritikan terkait program bansos, dirinya akan mengambil langkah dengan cara tersendiri. Salah satunya, dengan mengadakan rapat koordinasi bersama Camat dan Kades serta menghadirkan para agen untuk membahas penyaluran barang khususnya agar memenuhi tetap mutu (kualitas) dan jumlah (kuantitas). "Bila ada agen dan penyalur tidak taat pedum, maka akan kami cabut (kerjasama) dan diganti dengan agen dan penyalur yang mampu penuhi taat mutu dan jumlah sesuai pedum." Tegas Rustandi.

Sebelumnya, informasi dan kritikan tajam terkait penyaluran barang dalam program bansos sempat mencuat ke permukaan publik disampaikan oleh beberapa elemen masyarakat. Mereka menyoroti beberapa temuan terutama soal kualitas (mutu) dan kuantitas (jumlah) barang yang diterima Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program bansos yang dianggap tidak sesuai dengan pedoman umum (Pedum). "Kami telah menemukan beberapa bukti kuat dan "dosa - dosa" kecurangan di lapangan terkait bansos tersebut," ungkap Atik Yuli Setyowati, Ketua LSM Masyarakat Pejuang Bogor (MPB) kepada media ini.

Atik sapaannya menegaskan, bukti - bukti kenakalan yang ditemukan pihaknya sedang dikumpulkan dan jika dianggap sudah cukup akan segera diaudiensikan ke pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Cibinong agar segera ditindaklanjuti guna memberika efek jera. "Bukti - bukti pelanggaran pedum yang nyata banyak terjadi di lapangan adalah sistem pengiriman barang yang menggunakan paket sehingga jumlah barang berkurang. Lalu mutu atau kualitas barang sepetti beras dan buah - buahan yang jelek." Ungkap Atik Yuli Setyowati.


~ Salah satu kegiatan penyaluran bantuan sosial BPNT di wilayah Kecamatan Ciseeng.

( Boim / Fahri Ketua FWHBU )

TerPopuler