Header Ads

Gaya Mulyana Kepala Desa Karyasari Menyaluran BLT Desa Untuk 155 KPM Tahap Ke- VI Banyuresmi Garut Jawa Barat

Aspirasijabar | Garut-Kepala Desa Karyasari Gaya Mulyana menyampaikan Alhamdulillah Wasyukurilah Saya selaku Kepala Desa Karyasari beserta jajaran kepengurusan lembaga yang ada di Desa Karyasari telah melaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT Desa) Tahap ke- VI (Bulan September) untuk masyarakat yang terdampak Covid-19. Bertempat di wilayah Desa Karyasari Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Jum'at 09/10/2020.

Lanjut Gaya Mulyana menjelaskan penyaluran Dana BLT Desa bulan September 2020 ada keterlambatan dikarenakan Bendahara Alm (Bapak Wawan wafat). BLT desa yang dialokasikan bersumber dari Dana Desa (DD) Anggaran Tahun 2020.

Dimana jumlah penerima sebanyak 155 Kepala Keluarga dari 11 Rw dan 35 RT,  dengan nominal Rp. 300.000,- (Tiga ratus ribu rupiah) untuk satu Kepala Keluarga (KK) atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
 
Saya berharap mudahan-mudahan BLT Desa sebanyak 155 KK  tahap ke- VI yang telah tersalurkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi warga masyarakat penerima. Saya selaku Kepala Desa  Karyasari mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam proses penyaluran BLT tahap ke- VI Dana Desa 2020, Ujarnya. 
Lanjut Gaya Mulyana, terkait perpanjangan BLT Desa untuk Bulan Oktober, November dan Desember 2020, sesuai Peraturan Mentri Desa, Pemerintah Desa Karyasari siap melaksanakan setelah diadakanya rapat koordinasi tingkat kecamatan, dan musdesus tingkat Desa. Pungkasnya. 

Sekertaris Ketua BPD Desa Karyasari Yeni Lisnawati menambahkan kegiatan penyaluran BLT DD TA. 2020 tahap ke- VI merupakan bentuk program pemerintah khususnya Kemendes - RI dalam menopang ketahanan ekonomi masyarakat di tengah situasi pandemi Covid 19.

Yeni berharap dengan bantuan ini, masyarakat warga Desa Karyasari sebaiknya bantuan BLT Desa selain untuk dikonsumsi dapat juga dimanfaatkan untuk membuka sebuah usaha ataupun menambah modal usaha agar perekonomian tetap terjaga, Ujarnya.

Salah satu Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Banyuresmi Bukhori, M.Pd mengarahkan kepada pihak Pemerintah Desa terutama Kepala Desa Karyasari, kebijakan penyaluran BLT DDesa untuk perpanjangan Oktober - Desember 2020 dengan mengacu pada Permendes No.14 Tahun 2020.

Kemudian dipertegas oleh surat edaran Kemendesa No.2724 Th 2020 (terbit 5 Oktober 2020) yang isinya adalah Penggunaan Dana Desa untuk Perpanjangan BLT DD harus disalurkan pada Bulan Oktober sampai dengan Desember 2020 dengan sistem penyaluran yang tepat waktu, transparan, dan dapat di pertanggung jawabkan. Paparnya. 

Selanjutnya untuk data  Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT DD perpanjangan tersebut merupakan hasil pendataan yang diputuskan melalui forum musyawarah khusus Desa (Musdesus), Tutupnya. 

Dalam acara pembagian BLT DD Ke- VI dihadiri , pendamping Lokal Desa Bukhori, M.Pd, Kasi PMD Banyuresmi Azis Dahyar Maulana, S.Sos. Kasi Trantib Sobur, Bhabinkantibmas Bripka Riki Maryadi, Babinsa Pelda Syamadin, Sekertaris BPD, Seluruh Perangkat Pemerintah Desa Karyasari, dan Para Ketua RW dan RT.

(Beni). 

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.