Rakor Mitigasi Penanggulangan Bencana, Bupati Himbau Masyarakat Untuk Jaga Lingkungan -->

Rakor Mitigasi Penanggulangan Bencana, Bupati Himbau Masyarakat Untuk Jaga Lingkungan

12 Nov 2021, November 12, 2021
Pasang iklan

Aspirasijabar | Lebak - Pemerintah Kabupaten Lebak mengadakan Rapat Koordinasi Mitigasi Penanggulangan Bencana Tahun 2021, yang dipimpin langsung oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. Bertempat di Aula Multatuli Setda Lebak, Jum'at (12/11/2021). 

Dalam rakor Bupati menyampaikan dengan meningkatnya curah hujan berdasarkan prakiraan cuaca yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada akhir tahun ini, Kabupaten Lebak adalah salah satu wilayah Kabupaten dengan tingkat resiko bencana yang cukup tinggi, maka diperlukannya edukasi secara terus-menerus kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan. 

Bupati juga menegaskan bahwa penanggulangan bencana harus melibatkan seluruh stakeholder dengan terus berkoordinasi dengan cepat dan tepat. Beliau 
melanjutkan, antisipasi bencana dilakukan bukan hanya dititik rawannya saja tapi juga di daerah sekitar titik rawan bencana. 

"Untuk antisipasi banjir perkotaan diinstruksikan kepada Dinas PUPR dan Dinas LH agar melakukan pembersihan sumbatan-sumbatan aliran air serta mengefektifkan kembali program Jum'at bersih" Tutur Bupati. 

Sementara itu Komandan Kodim 0603/Lebak Letnan Kolonel Inf. Nur Wahyudi mengatakan diperlukannya kegiatan penanganan bencana di masyarakat agar masyarakat lebih siap ketika terjadi bencana dan lebih memudahkan dalam penanganan. 

"Dalam mengantisipasi terjadinya bencana perlu dilakukan beberapa hal, diantaranya adalah tersedianya informasi, memetakan kerawanan bencana, sosialisasi kepada masyarakat/peringatan dini kepada masyarakat" Lanjut Dandim. 

Selain itu menurut Bidang Observasi dan Informasi, Stasiun Klimatologi Tangsel Yanuar Henry, Iklim akhir tahun di Indonesia termasuk Kabupaten Lebak dipengaruhi oleh La Nina, sehingga potensi terjadinya hujan pun tinggi, maka kewaspadaan perlu ditingkatkan dalam menghadapi bencana hidrometeorologi (bencana yang dampaknya dipicu oleh kondisi cuaca dan iklim dengan berbagai parameternya). 


Pewarta : Badri

TerPopuler