Ketua DPRD Kota Cimahi Ir. Achmad Zulkarnain, MT menegaskan Kadin tidak akan mati -->

Ketua DPRD Kota Cimahi Ir. Achmad Zulkarnain, MT menegaskan Kadin tidak akan mati

23 Apr 2022, April 23, 2022
Pasang iklan



ASPIRASIJABAR- CIMAHI- Ketua DPRD Kota Cimahi Ir. Achmad Zulkarnain, MT menegaskan Kadin kota Cimahi pimpinan Asep Maryadi tidak akan mati.

Hal itu dikatakan Ketua DPRD Kota Cimahi Ir. Achmad Zulkarnain, MT ketika dirinya menghadiri acara 'Pelatihan Pembuatan Legalitas Usaha (NIB) Bagi UMK Kota Cimahi season 10 Kadin Kota Cimah ,di Gedung Technopark Jalan Baros Cimahi Selatan. Sabtu (23/4/2022).

"Sebagai suport dan dukungan terhadap Kadin Kota Cimahi, yang telah berhasil menyelenggarakan legalitas usaha ini, dan hari ini ternyata season yang ke 10," tandas Zul panggilan akrab Achmad Zulkarnain.

Ternyata setelah diperhitungkan oleh Zul, Kadin Kota Cimahi Pimpinan Asep Maryadi, sudah 1000 lebih bagi pengusaha baru yang ingin meningkatkan usahanya.

"Yang diawali dengan mengurus legalitas usahanya, ya saya kira dengan pelatihan yang langsung jadi, setelah keluar dari pelatihan disini, sudah langsung jadi sertifikat Nomor Induk Berusaha (NIB) nya," jelas Zul.

Karena, lanjut Zul para pengusaha UMKM ikut pelatihan itu, mereka di beritahu teknis cara-cara mengisi formulirnya melalui online lewat Online Single Submission (OSS).

"Melalui OSS tersebutlah mereka langsung mendapatkan nomor NIB-nya, dan itu menjadi bekal buat pengusaha," ucap Zul.

"Karena dengan usaha yang legalitas terbukti, maka kepercayaan para konsumen, akan semakin meningkat,"

Jadi Zul sebagai ketua DPRD Kota Cimahi, sangat mengapresiasi Kadin Kota Cimahi yang peduli terhadap pengusaha UMKM Kota Cimahi,

"Gak ada matinya, terus di bulan puasa juga Kadin masih tetap menyelenggarakan pelatihan-pelatihan seperti ini, ya semua demi kemajuan teman-teman pengusaha yang ada di Cimahi," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Cimahi, Asep Maryadi mengungkapkan, pihaknya menyelenggarakan pelatihan pembuatan legalitas usaha NIB ini tujuannya ingin membantu kepada seluruh pengusaha UMKM yang ada di Cimahi agar bersertifikasi,

"Kami membuat perijinan NIB season ke 10, yang mana dibuat season ke 10 ini pamungkas di bulan Ramadhan, lalu istirahat dulu, dan lanjut nanti di bulan Mei kembali aktif," jelas Asep.

Menurut Asep, dengan menggelar pelatihan pembuatan NIB ini, Kadin Kota Cimahi ingin membantu para UMKM di Kota Cimahi, dapat membuat perizinan secara sendiri-sendiri,

"Sebenarnya pembuatan NIB ini bisa dilakukan dirumah masing-masing, hanya mereka para UMKM malas untuk mengisi di aplikasi handphonenya," ujar Asep.

Maka dengan banyaknya yang hadir para UMKM dalam pelatihan pembuatan legalitas perusahaanya (NIB), pihak Kadin Kota Cimahi yang memandunya.

"Kita pandu mereka para UMKM ini, cara pengisian aplikasi, sehingga selesai aplikasi di isi, lalu kita kirimkan dan kita print sertifikatnya, pada saat itu juga mereka keluar dari technopark sudah membawa sertifikatnya," imbuh Asep.

Jadi yang di Cimahi ini, dalam season ke 10 itu rata-rata Kadin Kota Cimahi sudah mencetak Sertifikat NIB sebanyak 1200 UMKM,

"Ya Alhamdulillah lumayan banyak UMKM di Cimahi yang telah mengantongi sertifikat NIB, tadinya mereka merasa kecil tidak mempunyai perizinan, setelah miliki sertifikat NIB, mereka lebih bersemangat lagi untuk usahanya dan kami hanya membantu pihak perizinan dalam prosesnya saja, dan bukan sebagai penerbitnya ," tandas Asep.

Asep mengharapkan UMKM di Cimahi yang belum memiliki NIB, pihak Kadin siap untuk membantunya. (Bagdja).

TerPopuler