Fapet Unpad Beri Pelatihan Bagi Masyarakat Sumedang -->

Fapet Unpad Beri Pelatihan Bagi Masyarakat Sumedang

21 Okt 2022, Oktober 21, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Sumedang - Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran (UNPAD) mengadakan pelatihan bagi Kepala Desa, Ketua Bumdes,Kelompok Ternak dan Kelompok Wanita Tani (KWT)/Ibu Ibu PKK. Kegiatan itu dalam rangkaian acara Dies Natalis Fakultas Peternakan (Fapet) Unpad ke 59 dengan tema 'Fapet mengabdi ciptakan karya dan kolaborasi untuk mendunia". 

Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Kamis 20 Oktober 2022 bertempat di Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran.

Pelatihan diisi dengan tema Pelatihan Budidaya Domba yang Terintegratif dengan peserta Kelompok Ternak, Pelatihan Teknik Pengolahan Daging dengan peserta Keompok Wanita Tani (KWT)/ Ibu ibu PKK dan Pelatihan Perencanaan Pembangunan Peternakan di Pedesaan dengan peserta Kepala Desa dan Ketua Bumdes. 

Acara di buka langsung oleh Dekan Fakultas Peternakan Unpad Dr.Ir. Rahmat Hidayat. M.Sc.,IPM, Menurut Rahmat Hidayat pelatihan Fapet Unpad kepada peternak, kepala desa,Ketua Bumdes, Kelompok Wanita Tani ( KWT)/lbu ibu PKK dan Kelompok Ternak ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. 

“Pelatihan ini merupakan wujud dari tugas kami sebagai akademisi yang mempunyai kewajiban tridarma baik itu pendidikan, pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat, dan Pelatihan ini merupakan wujud dari tugas kami sebagai Akademisi yang memiliki tugas tridharrna perguruan tinggi, baik itu pendidikan, pengajaran maupun penelitian dan pengabdian masyarakat untuk acara kali ini lebih menitik beratkan pengabdian masyarakat, kita sebagai jembatan keilmuan yang ada di fakultas peternakan supaya dapat diaplikasikan di masyarakat “Ujar Dekan Fakultas Peternakan Unpad Dr Ir Rahmat Hidayat.M.Sc.,IPM. 

Kelompok Ternak Foto bersama Nara sumber usai Pelatihan (foto agusy 

“Jangan sampai Dosen mengembangkan berbagai macam ilmu dan penelitian di Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran tapi masyarakat tidak mengetahui bahkan tidak mengimplementasikanya" ungkapnya. 

Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran sendiri mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan dan membangun dunia peternakan di masyarakat khususnya Sumedang karena Fapet ini berada di sekitar Kabupaten Sumedang dan sekaligus untuk menjalankan PKS antara Fapet Unpad dengan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang. 

Rahmat Mengatakan “Sebelum yang jauh diutamakan wilayah sekitar Fapet Unpad dulu yang kami utamaka, Kami ingin bermanfaat baik di lokal Sumedang, nasional bahkan internasional, dan peserta dikelompokkan menjadi tiga kelompok yakni Pelatihan Budidaya Domba yang Terintegratif, Pelatihan Pengolahan Daging atau hasil ternak dan Pelatihan Perencanaan Pembangunan Peternakan di Pedesaan.dan Dengan tiga bidang tersebut diharapkan para peternak dan masyarakat bisa memahami dunja peternakan secara Utuh, baik dilihat dari teknis budidaya, maupun sosial ekonomiya serta kepengolahan hasil ternaknya supaya bisa di konsumsi oleh masyarakat dengan aman sehat utuh dan halal. 

Sementara itu salah seorang Peserta Pelatihan Nira Damayanti asal Desa Hegarmanah mengatakan “berterima kasih kepada Fapet Unpad yang telah menyelenggarakan pelatihan ini dan kami sangat beratusias untuk mengikuti kegiatan ini dan Pelatihan ini banyak sekali manfaatnya dengan materi yang di sampaikan sangat mudah untuk di cerna dan di praktekan". 

“materi pelatihan pengolahan daging ini dapat saya praktekan di rumah dan ilmu yang di peroleh akan sebarluaskan ke masyarakat melalui pertemuan Posyandu atau pertemuan Kader Desa" ujarnya.


Agus/red

TerPopuler