Sebagai Acuan Dasar, Beppeda-Litbang Morotai Gelar Konsultasi Publik. Kaban: Ini Adalah Massa Depan Morotai -->

Sebagai Acuan Dasar, Beppeda-Litbang Morotai Gelar Konsultasi Publik. Kaban: Ini Adalah Massa Depan Morotai

30 Nov 2023, November 30, 2023
Pasang iklan



Morotai- Pj. Bupati Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, melalui Asisten I Setda Pulau Morotai, Hi. Muhlis Bay, mengaku jika penyusunan dokumen RPJPD bertujuan untuk menjadi acuan dasar pemecahan permasalahan daerah melalui koordinasi antar pelaku pembangunan.

Hal itu disampaikan Hi. Muhlis Bay saat membuka acara konsultasi publik dokumen rencana awal RPJPD tahun 2025-2045 Kabupaten Pulau Morotai tahap II di aula Kantor Bupati Morotai, Kamis 30 November 2023. 

"Dalam rancangan awal dokumen RPJPD 2025-2045 kabupaten pulau morotai ini, ditawarkan konsep visinya adalah morotai kabupaten kepulauan yang maju dan harmonis,"jelasnya. 

Dimana, lanjut dia, untuk memaksimalkan itu dengan memuat Tujuh misi besar diantaranya, Transformasi Sosial, Perekonomian, tata kelolah pemerintah yang baik, maslahat beragama dan berkebudayaan, lingkungan hidup, infrastruktur dan pelayanan dasar dan wilayah cepat tumbuh berkembang. 

Ia juga mengaku jika dalam Tujuh misi yang direncanakan itu masing-masing diantaranya terdapat sasaran pokok dan indikator. 

"Dalam rencana awal dokumen ini terdapat 22 sasaran pendukung pokok keberhasilan pembangunan dan 46 indikator yang masing-masing rencana targetnya harus kita capai dalam 20 tahun kedepan,"katanya.  

Ia berharap, kepada para stakeholder serta pemangku kepentingan pembangunan yang hadir agar dapat memboboti dokumen ranwal rpjpd 2025-2045 kabupaten pulau morotai ini.

"Sehingga dapat menjadi dokumen perencanaan yang aspiratif, kompetebel dan relevan dimasa yang akan datang,"harapnya. 

Sementara Kaban Bappeda Pulau Morotai, Thamrin Fabanyo, dalam acar tersebut menyampaikan, bahwa Urgency dari agenda konslutasi publik bertujuan untuk melihat seberapa jauh penyamaan presepsi dari semua pemangku kepentingan pembangunan daerah. 

"Ini adalah masa depan Kabupaten Pulau Morotai, makanya uji publik ini perlu dilakukan untuk penyempurnaan rancangan awal dokumen ini,"ucapnya. 

Untuk diketahui, hadir dalam kegiatan itu diantaranya, Asisten I setda Morotai, Hi. Muhlis Bay, Dandim 1514/Morotai, Letkol Arh Masykur Akmal, Danlanal Morotai diwakilkan, Pasi intel Kapten laut (E) Iwan Haryadi, Danlanud Leo Wattimena diwakilkan, Kasi Binjas Kapten Kes Juhari, Kaban bappeda litbang Pulau Morotai, Thamrin Fabanyo, Ketua MUI Pulau Morotai, Hi Asrad Haya, Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Hi Asrun Padoma, Para pimpinan OPD, Para camat dan kades, Tokoh Pemuda dan tokoh Masyarakat.(oje) 

TerPopuler